TEKTONIKA ARSITEKTUR TONGKONAN TORAJA (Tinjauan Sistem Struktur, Konstruksi dan Tektonika pada Bagian Sallu Banua, Kalle Banua dan Rattiang Banuatongkonan)

Mohammad Mochsen Sir, Shirly Wunas, Herman Parung, Johannes Patanduk

Abstract


Firmitas (ketahanan atau ketangguhan) adalah salah satu unsur dalam arsitektur yang membahas peranan struktur dan konstruksi.Penelitian unsur firmitas dalam arsitektur dapat dilakukan melalui kajian tektonika berdasar sistem struktur dan konstruksi.Terminologi tektonika lebih ke arah estetika yang timbul dari sebuah sistem struktur konstruksi dan teknik menyusun/penggabungan, yaitu ekspresidari bentuk.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengetahuan struktur dan konstruksi yang terdapat pada arsitektur tongkonan sebagai sebuah pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat Toraja.Metode pembahasan dilakukan dengan penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif sebagai acuan dan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif sebagai teknik dalam analisis.Hasil temuan memperlihatkan bahwa bagian sallu banua, kalle banua dan rattiang banuaarsitektur tongkonan Toraja mempunyai pengetahuan yang spesifik sebagai hasil dari penyusunan dan penggabungan bagian tongkonan pada sistem struktur, konstruksi dan tektonika.

Full Text:

PDF

References


Frampton, Kenneth., (1995). Studies in Tectonic Culture. The MIT Press, Cambridge

Frick, Heinz. (1998). Pola Struktural dan Teknik Bangunan di Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Kis-Jovak Imre Jova., 1988, Banua Toraja. Royal Tropical Institude, The Netherlands, Amsterdams

Mohammad Mochsen Sir, Shirly Wunas, Herman Parung, Jhon Patandu, 2014, Tectonic Architecture Tongkonan Papa Batu Toraja, International Converence on 15th Senvar 2nd Avan, November 2014, Makassar Indonesia.

Tangdilinting L. T., 1978, Tongkonan (Rumah Adat Toraja) dengan Struktur, Seni dan Konstruksinya , Yayasan Lepongan Bulan. Tana Toraja

Wraber: Ida Wraber, lecture “Studies in tectonic design”, 10/9- 08, Aalborg




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144