EFEKTIVITAS IDENTIFIKASI UCAPAN HURUF VOKAL MANUSIA PADA DOMAIN FREKUENSI DENGAN MENGGUNAKAN 2048 POINT FFT

Hendra Setiawan, Miftahuddin Miftahuddin

Abstract


Pada makalah ini disajikan teknik pengenalan suara di kawasan frekuensi hanya dengan menggunakan transformasi Fourier dan tanpa tambahan algoritma lainnya untuk mengetahui efektifitas pengenalan suara di kawasan frekuensi. Suara yang diteliti dibatasi hanya pada suara vokal manusia. Dengan hipotesis bahwa setiap suara vocal yang sama memiliki kemiripan dengan suara vocal orang lain, maka dapat dibuat suatu pola suara vocal yang bersifat umum. Tahapan yang digunakan pada penelitian ini meliputi pengambilan sample suara vokal dari responden, ekstraksi keunikan pola setiap vokal untuk setiap responden, dan pengujian kemiripan untuk setiap vokal. Dari pengujian diperoleh nilai akurasi pengenalan huruf vokal ‘a’ adalah 68%, huruf vokal ‘e’ adalah 36%, huruf vokal ‘i’ adalah 58%, huruf vokal ‘o’ adalah 76%, huruf vokal ‘u’ adalah 36%. Sehingga secara teknis pengenalan suara vokal secara langsung di kawasan frekuensi memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Full Text:

PDF

References


L. B. Rabiner, R. W. Schafer, Teory and Applications of Digital Speech Processing. 5th edition. New Jersey. Pearson:2011.

Arman, Ari Akhmad. Proses Pembentukan dan Karakteristik Sinyal Ucapan. Thesis S2. Bandung:ITB: 2008.

Safriadi dan Risawandi, Identifikasi Gender Melalui Suara Menggunakan Metode Discrete Fourier Transform (DFT), Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi 2014 (SNITI).

Samosir. 2014:351-354.

B. W. Prasetya, B. Susanto, J. Purwadi, Identifikasi Suara Pria dan Wanita Berdasarkan Frekuensi Suara. Jurnal Informatika. 2008; 4(1):11-17.

L. Hakim, A. Arifin, T. A. Sardjono, Identifikasi Suara Serak Berbasis Transformasi Wavelet Dan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan. Seminar on Intelligent Technology and Its Applications.

Surabaya. 2012:119-124.

K.W. Lindenberg. Time domain speech recognition system, U.S. Patent no.3940565, 1976.

M. Ambarjati, B. L. Widjiantoro, A. Rahmadiasah, Identifikasi suara ucap berbasis fitur nonakustik dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan. Skripsi S1. Surabaya: ITS; 2011.

I. L. May, Pengenalan Vokal Bahasa Indonesia Dengan Jaringan Syaraf Tiruan Melalui Transformasi Wavelet Diskret. Skripsi S1. Semarang:Undip;2002.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144