TUDI EKSPERIMEN PENGARUH PENAMBAHAN GAS HHO TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR NYALA API KOMPOR TEKAN (BLOW-TORCH BURNER) BERBAHAN BAKAR KEROSENE

Handini Novita Sari, Djoko Sungkono Kawano

Abstract


Kualitas pembakaran pada bahan bakar kerosene dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satu cara yaitu mencampur bahan bakar kerosenedengan bahan bakar baru dan terbarukan yaitu gas HHO yang diproduksi dari generator HHO tipe kering(drycell).Dengan memanfaatkan gas HHO, diharapkan dapatmenjadi zat tambahan untuk meningkatkan efisiensi serta dapat mengurangi pemakaian bahan bakar utama yaitu kerosene. Penelitian ini dilakukan dengan metode true eksperimentmenggunakan metode perbandingan (comparative study). Pengujian dilakukan pada kompor uji yang dirancang sendiri, yaitu kompor berbahan bakar kerosene jenis blow-torch dan digabungkan dengan generator HHO. Variasi yang dilakukan dalam penelitian adalah penghasilan generator gas HHO dengan memakai KOH sebesar 10 gram dan 20 gram.Dari hasil penelitian didapatkan performa generator HHO dengan efisiensi tertinggi sebesar 86,01 % menggunakan 10 gram KOH per liter aquades, sedangkanpada generator yang menggunakan 20 gram KOH per liter aquades yaitu sebesar 79,36 %. Temperatur lidah api dari kompor blowtorchdengan penambahan gas HHO memilikitemperatur yang jauh lebih panas jika dibandingkan dengan kerosene murni yaitu sebesar 1218 0C, sedangkan pada kerosene murni temperaturnya hanya sebesar 877 0C.

Full Text:

PDF

References


Kadir Abdul, Energisumber daya inovasi , tenaga listrik, potensi ekonomi. Depok:UI Press.1995.

Mallove, Eugene. 1998. Stanley Meyer, Water-Fuel Cell Inventor & Promoter, Dies Suddenly

Kawano, Sungkono D. 1997 Penelitian Mengenai Gas HHO(Generasi I sampai VIII).Surabaya.

Agni, Brillyano. Studi Eksperimen Pengaruh Pencampuran Gas Hidrogen Dari Generator HHO Tipe Kering Dengan Bahan Bakar Kerosene Pada Distribusi Temperatur Nyala Api Kompor Tekan Blowtorch. Thesis. Surabaya: Postgraduate ITS; 2012.

Purwadi, Aris. Energi Alternatif dari Elektrolisa Air. Solo : Kimia MIPA-UNS.2008.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144