IMPLEMENTASI KOMUNIKASI DATA DENGAN PROTOKOL ADHOC BERBASIS WSN UNTUK SMKS JEMBATAN

Faridatun Nadziroh, Eko Setijadi, Wirawan Wirawan

Abstract


Terjadinya kerusakan suatu bangunan besar seperti jembatan adalah sebuah masalah serius, karena jembatan merupakan infrastuktur penghubung antar tempat. Meminimalisir hal itu terjadi maka perlu adanya sistem pemantauan secara berkala sehingga diterapkanlah Sistem Monitoring Kesehatan Stuktur (SMKS) Jembatan. Proses komunikasi pada sistem ini memanfaatkan beberapa node yang diposisikan dengan jarak tertentu dengan model komunikasi menggunakan sistem Wireless Sensor Network (WSN). Dalam proses transmisi data sistem wireless sensor network menggunakan protokol ad-hoc. Sehingga data-data yang di kirim antar node sudah di tata rapi dalam suatu paket data. Pada sistem ini, node dikategorikan dalam dua golongan yakni tiga node sebagai node sensor dan satu node sebagai node koordinator. Node koordinator sebagai penerima data hasil pembacaan sensor pada node sensor yang kemudian data dikumpulkan pada komputer yang terhubung dengan node koordinator, sedangkan node sensor sebagai pembaca dan pengolah data hasil dari sensor yang kemudian data dikirimkan ke koordinator. Implementasi jaringan ad-hoc pada modul wireless sensor network disini menggunakan perangkat RF XBee Pro Series 1 dan arduino due. Sedangkan sensor meggunakan sensor accelerometer. Dari hasil pengukuran didapatkan beberapa nilai parameter unjuk kerjanya dari node-node tersebut yakni nilai troughput sebesar117.57 Bps, packet loss sebesar 18.35% paket dan delay sebesar 1.3 detik.

Full Text:

PDF

References


Http://www.enn.com/top_stories/article/28124/print,diunduh pada tanggal 11 Desember 2013.

W. Dargie and C. Poellabauer. 2010. Fundamentals of Wireless Sensor Networks: Theory and Practice. John Wiley.

Wei Chen, Miguel R. D. Rodrigues and Ian Wassell. A Frechet Mean Approach for Compressive Sensing Date Acquisition and Reconstruction in Wireless Sensor Networks, IEEE Transactions on wireless = communications, vol. 11, no. 10, October 2012.

Faridatun Nadziroh, Eko Setijadi dan Wirawan. Perbandingan Topologi dan Routing untuk Memanajemen Konsumsi Daya Sensor pada Sistem Monitoring Kesehatan Struktur (SMKS) Jembatan Berbasis WSN. SNSRT. 2015; volume : B.04.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144