PEMANFAATAN QRCODE UNTUK SISTEM MANAJEMEN TICKET PADA TAMAN WISATA PENDIDIKAN SENGKALING MALANG

Diah Risqiwati, M. Khalimun Khakim

Abstract


Pengelolaan tiket pada suatu taman wisata merupakan manajemen yang sangat penting, tiket yang dicatat dalam bentuk karcis sudah mulai ditinggalkan dikarenakan akan membutuhkan petugas jaga di tiap loket dan membuat antrian pada loket pembelian tiket, loket pintu masuk, dan loket wahana. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem pemanfaatan QRCode untuk sistem manajemen ticket pada taman wisata pendidikan sengkaling. Penggunaan QRCode akan akan sangat efektif untuk menghindari antrian di loket pembelian tiket, loket pintu masuk, dan loket wahana. QRCode akan dibuat pada gelang tiket sesuai dengan voucher yang akan dibeli. QRCode akan menyimpan ID customer, nominal jenis voucer dan transaksi penggunaan tiket. Dengan menggunakan Webcam, codeQR akan terbaca pada sistem dan semua transaksi akan disimpan di dalam database sistem. Gelang QRcode dapat dipakai untuk tiket pintu masuk taman wisata serta tiket masuk masing-masing wahana. Dengan melakukan ujicoba pada sistem, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembacaan QRCodepada gelang dapat digunakan untuk sistem manajemen tiket yang handal untuk mengurangi antrian pada loket pintu masuk dan loket wahana terutama pada hari libur.

Full Text:

PDF

References


Achmad Gazza Putra, Waskitho Wibisono, Henning Titi Ciptaningtyas. Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No. 1, 2012, Hal. 1-5. Rancang Bangun Aplikasi Android Virtual Shopping berbasis

QR Code dan Global Positioning System untuk user Bergerak. Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Indonesia

Chusnul Chakim. E-Journal. Narotama. ac. Id, Perancangan Program Aplikasi Parkir dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 dan Barcode Scanner. Universitas Narotama, Indonesia.

Gulit Habibi, Sugeng Purwantoro, Memen Akbar. Jurnal Teknik Informatika Vol.1 September 2012. Aplikasi Pemesanan Tiket Nonton Bioskop Berbasis Android. Politeknik Caltex Riau, Indonesia.

Hendra, Helfi Nasution. Jurnal Elkha, Vol.4, No. 2, Oktober 2012. Analisa Efisiensi Waktu Layanan pada Sistem Administrasi Perpustakaan Menggunakan Metode Antrian. Universitas Tanjungpura, Indonesia

Masdito Bachtiar, Ary Mazharuddin, Jurnal Teknik Pomits, Vol.1, No. 1, 2012, Hal 1-4. Smart Login pada situs web menggunakan QR Code. Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144