RANCANG BANGUN APLIKASI SHOLAT FARDHU DAN SUNNAH BESERTA KUMPULAN DO’A BERBASIS ANDROID

Devie Rosa Anamisa

Abstract


Shalat memiliki kedudukan yang sangat mulia di dalam Islam. Umat muslim dalam hal ibadah seringkali hanya mengutamakan ibadah wajib saja. Padahal Allah juga menganjurkan kepada umatNya untuk menyempurnakan ibadah wajib dengan ibadah-ibadah sunnah. Dalam pelaksanaannya kadang umat masih membutuhkan bantuan atau panduan dalam menjalankan ibadah tersebut.Berbagai jenis penyampaian informasi mengenai ibadah sholat telah banyak dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dalam bentuk buku, CD atau banyak dijumpai melalui situs-situs internet. Tetapi dalam menyampaikan informasi ibadah tersebut dirasa kurang praktis karena tidak bersifat 'mobile', sementara mobilitas manusia semakin tinggi. Android merupakan sistem operasi terbukayang digunakan untuk smart phone yang saat ini sedang sangat diminati oleh masyarakat. Penelitian ini merancang dan membangun suatu aplikasi informasi proses pembelajaran shalat fardhu dan sholat sunnah beserta kumpulan do'a sebelum dan sesudah melakukan aktifitas dalam bentuk suratsurat pendek menggunakan sistem operasi android. Tujuan aplikasi ini dapat membantu memfasilitasi umat dalam mempelajari shalat fardhu dan sholat sunnah beserta kumpulan do’a sebelum dan sesudah melakukan aktifitas dalam bentuk surat-surat pendek menjadi lebih mudah tanpa terkendala oleh waktu dengan memanfaatkan teknologi sebagai dampak positif bagi masyarakat terhadappenunjang kebutuhan dalam penyajian informasi. Sehingga aplikasi ini merupakan aplikasi interaktif mengenai panduan informasi shalat fardhu maupun sunnah beserta kumpulan do’a secara praktis, efisien, dan mudah untuk didistribusikan.

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Teguh. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi. 2011:2-5

Hayat, Irham. Pengembangan Aplikasi Informasi Shalat Berbasis Multimedia Menggunakan Flashlite Mobile Application. Jakarta: Teknik Informatika-Univ. Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 2011:1-4.

Parno, dkk. Rancang Bangun Aplikasi E-Learning Tuntunan Sholat Lengkap Berbasis Mobile Android. Sentika.2013. Hal: 253-259.

Al-Hafsi, dkk. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Rukun Islam Berbasis Android. Yogyakarta: STMIK AMIKOM. 2013. Hal: 1 –7.

Abdul, Hasan. Aplikasi Adzan Dan Pengingat Shalat

Menggunakan GPS Berbasis Android 2.2. Yogyakarta: Teknik Informatika-STMIK AMIKOM. 2012: 2-3.

Ust.Labib Mz, dan Ust Maftuh Ahnan. Buku Risalah Shalat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan Dan Hikmah hikmahnya.Surabaya:Bintang Usaha jaya. 2002. Hal 20-25.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144