SISTEM INFORMASI PENGUKURAN KINERJA UKM KERUPUK IKAN BERBASIS SISTEM MANAJEMEN STRATEGIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN BALANCE SCORECARD

Bain Khusnul Khotimah, Firli Irhamni, Moh. Zein Saedi, Andharini Dwi Cahyani

Abstract


Pengukuran kinerja adalah penting bagi manajemen UKM dalam melakukan evaluasi kinerja UKM. Salah satu metode yang sesuai untuk mengukur kinerja tersebut adalah balanced scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem informasi pengukuran dengan memanfaatkan data transaksional dan observasi maupun wawancara yang tersedia. Sistem manajemen strategis ini menghubungkan balance scorecard dengan pembobotan AHP untuk mengukur kinerja pemasaran UKM dari sisi volume penjualan, pangsa pasar, dan kepuasan pelanggan tingkat distributor dan toko, serta menghasilkan laporan dinamis. Dalam penelitian ini juga menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai sistem pendukung keputusan. Metode ini digunakan untuk merepresentasikan suatu permasalahan UKM Dalam penelitian ini perusahaan yang menjadi secara berturut-turut selama tiga tahun dengan menganalisa keempat unsur balance scorecard menghasilkan Kinerja UKM dari perspektif kinerja untuk ke empat aspek mengindikasikan bahwa kinerja Baik dengan rentang nilai 2 ke atas. Sedangkan pada beberapa unit devisi dengan nilai dibawah 2 mengindikasikan bahwa kinerja Kurang.

Full Text:

PDF

References


Hanuma, S., dan Kiswara E.2006. Analisa Balance Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan.

Kapalan, Robert S and David Norton. “ Balanced Scorecard:Transalting Strategi Info Action Bostom”. Harvard Business School. 1996

Jelena Jovanovic Zdravko Krivokapic, 2008. AHP In Implementation Of Balanced Scorecard International Journal for Quality research, Short Scientific Paper (1.03)

Mulyadi 2001, Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Edisi 2, PT. Salemba Emban Patria, Jakarta.

Sumber: Mulyadi dan Johny Setyawan. 2002. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen.

Bambang, Riyanto, 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Thomas L. Saaty, 2008. Decision making with the analytic hierarchy process Int. J. Services Sciences, Vol. 1, No. 1, 2008

Saedi Zein, Bain K, Andharini D.C., 2014. Sistem Pengukuran Kinerja UKM Dengan Menggunakan Balance Scorecard, Jurnal JSTIF Universitas Trunojoyo.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144