MONITORING POWER METER PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO DAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA MENGGUNAKAN ARDUINO ETHERNET SHIELD DAN CLOUD SERVICE

Agus Eko Minarno, Aulia Arif Wardhana

Abstract


Penelitian tentang pemantauan dan kontrol jarak jauh untuk pembangkit listrik telah banyak dilakukan. Namun, penelitian sebelumnya masih memerlukan perangkat lunak tambahan untuk mengontrol sistem, dan dan belum ada sistem peringatan yang bersifat mobile. Penelitian ini menyajikan implementasi untuk pemantauan dan kontrol power meter pada pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Universitas Muhammadiyah Malang. Data yang dipantau adalah daya aktif, daya reaktif, tegangan, arus, dan power faktor. Data diperoleh dari power meter dan dikirimkan melalui arduino ethernet shield ke cloud services database, kemudian dipantau secara real time melalui web. Sistem akan mengirimkan peringatan ke e-mail administrator jika terjadi gangguan. Berdasarkan data pengujian, nilai kesalahan data Arus (Ampere) rata-rata adalah 0.1% dan nilai kesalahan dari data Tegangan (Voltage) rata-rata adalahn 2.9%. Konsumsi bandwidth untuk pemantauan dan kontrol rata-rata adalah 49.87Mb setiap bulan. Suhu perangkat keras saat mengirimkan data rata-rata berkisar antara 38°C-41°C. Sistem monitoring dan kontrol yang dibangun sederhana, memiliki notifikasi mobile, tidak memerlukan perangkat lunak tambahan untuk integrasi, murah, dan bekerja baik secara online dan real time.

Full Text:

PDF

References


Maratur Gabe Simanjuntak, F. Rizal Batubara. 2013. Perancangan Prototipe Smart Building Berbasis Arduino Uno. Konsentrasi Teknik Komputer, Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

Yusnan Badruzzaman. 2012. Real Time Monitoring Data Besaran Listrik Gedung Laboratorium Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, Semarang.

Ifhan Firmansyah, Ir. Syariffuddin Mahmudsyah, M.Eng, Ir. Teguh Yuwono. 2010. Studi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Dompyong 50kW Di Desa Dompyong, Bendungan, Trenggalek Untuk Mewujudkan Desa Mandiri Energi (DME). Jurusan

Teknik Elektro FTI-ITS. Surabaya.

Machmud Effendy. 2011. Desain dan Implementasi Pemantauan Jarak Jauh (Remote Monitoring) Pada Sistem Hibrid PLTMH – PLTS UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) Berbasis Web. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.1990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144