SISTEM PENGENALAN CITRA SIDIK JARI METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MEMBUKA PINTU SECARA OTOMATIS

Ahmad Sahru Romadhon, Vivi Tri Widyaningrum

Abstract


Sistem pengenalan dengan memanfaatkan citra sidik jari merupakan teknik biometrik yang tertua di dunia. Teknologi biometrik ini memiliki beberapa kelebihan seperti tidak mudah hilang, tidak dapat lupa, tidak mudah dipalsukan, dan memiliki keunikan yang berbeda antara manusia satu dengan yang lain. Sidik jari manusia memiliki sifat unik dari satu orang dengan yang lain. Oleh karena keunikannya tersebut sidik jari digunakan sebagai tanda pengenal manusia. Dalam penelitian ini akan dibuat sistem untuk pengenalan citra sidik jari berbasis Jaringan Saraf Tiruan menggunakan metode backpropagation yang dapat membuka pintu secara otomatis. Citra sidik jari yang diinputkan sebanyak 100 citra dari 10 orang berbeda akan dilatih menggunakan backpropagation dan dikenali sebagai sidik jari dari orang tertentu, pengujian dilakukan dengan menguji 100 citra dari 10 orang berbeda dan sistem telah berhasil mengenali serta dapat membuka pintu secara otomatis sebanyak 94 kali dan gagal sebayak 6 kali yang artinya sistem ini mempunyai akurasi 94%.

Full Text:

PDF

References


Suci Dwijayanti, Puspa Kurniasari, Pengenalan Sidik Jari Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Scaled Conjugate Gradient, Mikrotiga, Mei 2014, Vol 1, No. 2.

Suprihatin*, Andi Nurhantara. Sistem Informasi Presensi Menggunakan Sidik Jari (Study Kasus Presensi Perkuliahan Program Studi Sistem Informasi FMIPA UAD). JUSI, September 2011,

Vol. 1, No. 2.

Rina Candra Noor Santi. Identifikasi Biometrik Sidik Jari dengan Metode Fraktal (Fingerprint Biometric Identification with Approach of Method of Fractals). Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Januari 2008; Volume XIII, No.1,: 68-72.

Budi Hartanto, Monica Widiasari, DKK. Desain Perangkat Lunak Pengenalan Citra Sidik Jari dengan Menggunakan Metode Partial Thinning. SNASTI. Surabaya. 2008: 359-366.

Fausett, Laurence, “Fundamentals of Neural Networks (Architectures, Algorithms and Application)”, Prentice-Hall, New Jersey. 1994.

Jong Jek Siang, Msc, Drs, “Jaringan Syaraf Tiruan & Pemrogramannya Menggunakan Matlab”,Andi Offset, Yogyakarta. 2005.

Sahru Romadhon, Ahmad. Sistem Kendali Robot menggunakan Perintah Suara dengan Metode Back Propagation. SNASTI. Surabaya 2012.

Syahwil, Muhammad, “Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino”, Andi, Yogyakarta. 2013

Munir, Rinaldi,”Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmatik” Informatika, Bandung. 2004.

Kusumadewi, Sri. “Artificial Intelligence”, Graha Ilmu, Yogyakarta. 2003.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.1984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144