DIGITALISASI DATA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR INPRES NANGAMETING MAUMERE SEBAGAI PERWUJUDAN PAPERLESS OFFICE

Agustinus Lambertus Suban, Imelda Dua Reja

Abstract


Perpustakaan ideal yang mampu memenuhi keinginan pengguna adalah perpustakaan yang menyediakan informasi yang memadai atau menyediakan akses kepada berbagai sumber informasi, dapat diakses kapan saja, dimana saja dan dipandu oleh pustakawan yang profesional. Hal ini sebagai akibat dari perkembangan aplikasi TI dalam kehidupan masyarakat luas. Pengolahan dataPerpustakaan pada SDI Nangemeting Maumere–Flores masih dilakukan secara manual dan penyampaian informasinya pun masih dilakukan secara lisan. Hal ini menyebabkan proses pencarian, peminjaman, dan pengembalian memakan waktu lama karena kurang efektif dan efisien. Selain itu pengolahan data perpustakaan yang dilakukan secara manual tersebut sering terjadi kesalahan.Sistem pengolahan data perpustakaan dengan sistem komputerisasi atau terdigitalisasi diharapkan nantinya dapat mengatasi permasalahan yang telah ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kepustakaan, analisis, perencanaan, perancangan atau desain, pembangunan, uji coba sistem serta implementasi sistem. Dari penelitian ini diharapkan dapatmemberikan kemudahan dalam pengolahan data perpustakaan sehingga pengolahan data perpustakaan di SDI Nangameting Maumere lebih efektif dan efisien. Dengan adanya proses peralihan pengolahan data yang manual ke dalam bentuk digital, diharapkan mampu mengarahkan lembaga ini ke metode kerja yang meminimalkan penggunaan kertas sebagai bahan kerja atau menujupada paperless office.

Full Text:

PDF

References


Ramdhani Neila,. (2011). Kajian Psikologis Mengenai Komunikasi Berbasis Paperless Office, JURNAL PSIKOLOGI, VOLUME 38, NO. 2, DESEMBER 2011: 115 – 133

Ujjal, Sandhu., Rohit, Seth. (2014). Paperless Office: A New Name to Technology, IJMBS Vol. 4,Issue 2, April - June 2014 ISSN : 2230-9519 (Online). ISSN : 2231-2463 (Print), 34 International Journal of Management & Business Studies www. ijmbs.co.

Pendit, Putu Laxman. (2008). Perpustakaan Digital: A sampai Z. Jakarta. Cita Kami.

Rasiman. ( 2011). Digitalisasi Local Content: Perluasan Pemanfaatan Dan Akses Layanan Perpustakaan, Seminar Nasional Forum Komunikasi Perpustakaan. Medan. Universitas Hkbp Nommensen. 1 Desember 2011.

Rodliyah, Ummi,. (2012). Perpustakaan Digital, Dan Prospeknya Menuju Resource Sharing. Jurnal Visi Pustaka Vol. 14, No. 1, April 2012.

Arif., Saiful, Nur., dkk. (2013). Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web SMK Swasta Brigjend Katamso Medan. Jurnal Saintikom vol. 12, No. 1, Januari 2013.

Soetimah. (2006). Perpustakaan, Kepustakawan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Sutarno, NS. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Sagung Seto. Jakarta

McIndoo, Todd. (2009). Paperless Office in Perspective A Document Management System for Today. pp. 5-11




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.1982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144