APLIKASI ANDROID UNTUK PENGENDALIAN PENDINGIN RUANGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO

Ach. Khozaimi, Muhammad Fuad, Rama Aliansyah

Abstract


Pemakaian pendingin ruangan secara tidak bijak dapat menimbulkan konsumsi energi berlebihan hingga memberi pengaruh yang negatif terhadap lingkungan. Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan menghasilkan teknologi ramah lingkungan melalui implementasi kemampuan pengendalian terhadap pendingin ruangan menggunakan mikrokontroler Arduino yang dihubungkan ke perangkatbergerak berbasis Android. Fungsi on/off, change mode, dan fan speed dikendalikan dengan membaca state saat ini dari pendingin ruangan dan mengirimkan sinyal kontrol dari Android ke Arduino. Komunikasi berbasis protokol http dimanfaatkan untuk menghubungkan antara perangkat bergerak Android dengan komputer yang terkoneksi mikrokontroler Arduino. Pengendalian dapat dilakukan terhadap beberapa pendingin ruangan dengan dukungan relay dan motor servo. Aplikasi diujikan pada pendingin ruangan merk Panasonic dengan tingkat akurasi rata-rata 85%.

Full Text:

PDF

References


. Laili, Alifia Nur.Sistem On-Off Ac (Air Conditioner) Pada Ruang Penyimpan Barang-Barang Berharga Berbasis Mikrokontroler Atmega16 Dengan Monitoring Via Web. Semarang : Universitas Diponegoro, 2012.

. Zennifa, Fadilla.Perancangan dan Implementasi Pengontrol Suhu Ruangan dengan menggunakan Sensor LM35 Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Padang : Universitas Andalas , 2012. pp. 1-4.

. Nurdin P, Erwin and Sunyoto, Andi.Dashboard Android Pengontrol Lampu Menggunakan Jaringan Bluetooth. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Mangemen Informatika dan Komputer, 2013.

. Purnomo, Singgih and Purwanto, Eko.Pengendalian Lampu Lalu Lintas dengan Metode Socket Jaringan di Android Smartphones. Surakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer , 2013.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.1978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144