PENGECEKAN PLAGIARISME PADA SOURCE CODE BERBASIS KEDEKATAN STRUKTURAL DAN KEMIRIPAN TEKS

Yufis Azhar, Setiya Putra Utaman, Yuda Munarko

Abstract


Plagiarisme (penjiplakan) dalam pembuatan program dan penulisan source code cukup sering terjadi dan dilakukan baik di kalangan akademis maupun non akademis. Untuk mengantisipasi perilaku penjiplakan pada source code, dibutuhkan suatu sistem atau program yang dapat mengidentifikasi kemiripan dan tingkat kemiripannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memanfaatkan abstract syntax tree dari suatu source code. Dalam Abstract syntax tree, code diubah menjadi node ataupun token unik di masing-masing bagian. Hasil dari Abstract syntax tree yang diperoleh, selanjutnya dihitung tingkat kedekatan strukturalnya menggunakan laveinshtein distance. Sedangkan kemiripan text (isi source code) dihitung kemiripannya menggunakan cosine similarity. Hasil dari kedua proses ini kemudian dikombinasikan untuk mendapatkan nilai kedekatan dari dua buah source code yang diamati. Jika nilai kedekatannya melebihi dari threshold yang ditetapkan, maka dokumen tersebut dinyatakan identik (mirip)..

Full Text:

PDF

References


Kurniawan, A. & Wicaksana, I Wayan S. 2008. Perbandingan Pendekatan Deteksi Plagiarisme Dokumen dalam Bahasa Inggris. Universitas Gunadarma.

Makhfiyana, I. & Mudzakkir, M. 2014. Rasionalitas Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Unesa, 3. Universitas Negri Surabaya. [3] Lilian. Budhi, Gregorius. Wibisono, A. & Tanojo, Ricky. 2012. Pengecekan Plagiarisme pada Code Dalam Bahasa C++. Universitas Kristen Petra Surabaya. [4] Mutiara, Andika Benny & Agustina, Sinta. 2010. Anti Plagiarism Application With Algorithm Karp – Rabin at Thesis in Gunadarma University. Gunadarma University. [5] Septian, Widi Tia. 2012. Diteksi Plagiat pada Dokument Text Menggunakan Metode Cosine Similarity. BINUS University. [6] Jalal, A. F. D. & Presetya, Eka Budhy. 2014. Deteksi Similarity Source Code Menggunakan Metode Deteksi Abstract Syntax Tree. Universitas Muhammadiyah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144