PENYELARASAN TUJUAN TI DAN TUJUAN BISNIS PADA PERUSAHAAN LAYANAN INTERNET

Wildan Suharso

Abstract


Peningkatan pengguna Internet tidak berbanding lurus dengan peningkatan skala ekonomi pada perusahaan layanan internet / Internet Service Provider (ISP). Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ISP mengalami penurunan skala ekonomi, salah satu cara untuk mengetahui sebab dari hal ini adalah dengan mengidentifikasi kesesuaian tujuan TI dengan tujuan bisnis pada ISP. Penelitian ini berusaha menyelaraskan tujuan TI dan tujuan bisnis perusahaan. Metode yang digunakan merupakan metode perencanaan strategis SI/TI Ward dan Peppard yang disesuaikan dengan menggunaan tujuan TI dan tujuan bisnis yang telah didefinisikan COBIT. Proses perencanaan strategis SI/TI diawali dengan analisis kondisi internal dan eksternal perusahaan, meliputi lingkungan SI/TI internal, lingkungan SI/TI eksternal, lingkungan bisnis internal, dan lingkungan bisnis eksternal, kemudian dilakukan proses untuk merumuskan strategi SI/TI dan strategi bisnis, hasil akhir adalah portofolio SI/TI pada ISP. Analisis yang digunakan meliputi analisis PEST, analisis SWOT, analisis value chain, analisis McFarlan Strategic Grid dan Balanced Scorecard. Hasil dari penelitian ini ditemukan 14 tujuan TI yang sesuai dengan tujuan bisnis, dari 28 tujuan TI dan 17 tujuan bisnis yang telah didefinisikan sebelumnya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengembangan aplikasi dan penyusunan perencanaan strategis SI/TI pada ISP di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Suharso W, Djunaidy A. Analisis Customer Churn Menggunakan Bayesian Belief Network (Studi Kasus: Perusahaan Layanan Internet). Jurnal Sisfo: Inspirasi Profesional Sistem Informasi. 2013; 4(5): 323-335. [2] Khan A.A, Jamwal S, Sepehri M.M. Applying Data Mining to Customer Churn Prediction in an Internet Service Provider. International Journal of Computer Applications. 9(7): 8-14. [3] Maryani, Darudiato S. Perancangan Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI): Studi Kasus STMIK XYZ. CommIT: Communication and Information Technology. 2010; 4(2): 77-85. [4] Lederer A.L. Toward a Theory of Strategic Information System Planning. Journal of Strategic Information Systems. 5: 237-253. [5] Setiawan A, Ilman B. Perencanaan Strategik Sistem Informasi pada Perusahaan Penerbitan dengan Metode Ward dan Peppard: Studi Kasus Pada Penerbit Rekayasa Sains Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi SBM ITB. 2012; 11(3): 308-324. [6] Wedhasmara A. Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi dengan Menggunakan Metode Ward dan Peppard. Jurnal Sistem Informasi (JSI). 2009; 1(1): 14-22. [7] Kawangung V. M, Wisnubhadra I, Anindito K. Perencanaan Strategis Sistem Informasi (Studi Kasus di Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin UNISBANK. Semarang. 2015: halaman. [8] Ward J, Peppard J. Strategic Planning for Information Systems. Thirth Edition. UK: John Willey & Sons Ltd. 2002. [9] James S, Whales D. The Framework of Electronic Goverment. U.S. Dept. of Information Technology. Report number: 63. 2005. [10] Sanou B. ICT Facts & Figures 2015. ICT Data And Statistics Divion, International Telecommunication Union (ITU). Report: May, 2015. [11] Brown K. Global Internet Report 2015, Mobile Evolution And Development Of The Internet. Internet Society. Report: 2015. [12] Poushter J. Smartphone Ownership and Internet Usage Continues to Climb in Emerging Economies. Pew Research Center. Report: February, 2016. [13] Marius P, Pinontoan F, ed. Herawan D. Penggunaan Internet Sektor Bisnis 2013. Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia dan Badan Pusat Statistik (APJII). Report: Juni, 2014. [14] Data dan Statistik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Perkembangan Jumlah Izin Penyelenggaraan Jasa ISP Tahun 1996-2012. Kemenkominfo RI. [15] McPhilips E. The Structure and Trends of the ISP Market. University of Strathelyde, Glasgow. Report: 1999. [16] Sarno R. Strategi Sukses Bisnis dengan Teknologi Informasi Berbasis Balanced Scorecard dan COBIT. Cetakan Pertama. Surabaya: ITS Press. 2009. [17] ISACA. COBIT 4.1. IT Governance Institute. USA: ITGI. 2007.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144