APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK MEMPERMUDAH PENGARSIPAN SURAT

Gita Indah Marthasari, Diah Risqiwati, Hardianto Wibowo

Abstract


Tidak adanya sistem pengelolaan arsip surat baik untuk surat masuk maupun surat keluar adalah masalah yang seringkali muncul dalam suatu perusahaan maupun instansi pendidikan. Di beberapa sekolah, sistem pencatatan surat dilakukan secara manual sehingga mengakibatkan sulitnya staff tata usaha untuk menemukan kembali dokumen surat yang telah diarsipkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu diadakan suatu sistem informasi berbasis komputer yang mampu membantu staff tata usaha untuk melakukan pekerjaannya sehari-hari yang berhubungan dengan pengelolaan surat agar lebih mudah. Sistem tersebut harus mampu menyimpan dan menemukan kembali surat yang masuk maupun yang keluar dengan cepat dan mudah. Sistem juga harus mampu melacak keterkaitan antara satu surat dengan surat yang lain agar dapat diketahui hubungan antar surat. Terakhir, sistem harus mudah digunakan sehingga staff tata usaha yang sudah berusia lanjut pun dapat menggunakannya.

Full Text:

PDF

References


Amalia, Resty Ayu. "Penerapan Sistem Kearsipan Dan Efisiensi Penemuan Kembali Arsip Di Badan Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Malang." SKRIPSI Jurusan Manajemen-Fakultas Ekonomi UM (2010). [2] Andika, Radenal. "Penerapan CI (codeigniter) dalam pengembangan sistem informasi manajemen surat dan pengarsipan (studi kasus: PT. Semen Padang)." (2012).

Katankar, Veena K., and V. M. Thakare. "Short Message Service using SMS Gateway." International Journal on Computer Science and Engineering 2.04 (2010): 1487-1491. [4] Rozidi, Romzi Imron. "Membuat Sendiri SMS Gateway (ESME) Berbasis Protokol SMPP." Jakarta: Andi (2004). [5] Yusuf, Amin. "Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurik




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144