SISTEM KEAMANAN RUANGAN CCTV MENGGUNAKAN SENSOR PIR BERBASIS ARDUINO YANG TERINTEGRASI DENGAN ANDROID

Diah Risqiwati, Yudha Surya Pradhana

Abstract


Saat ini tindakan kriminal semakin meningkat dimana-mana sehingga perlu adanya penambahan pengamanan, untuk mengurangi tindak kejahatan. Alat yang sering digunakan pada saat ini yaitu dengan menggunakan CCTV. Dalam penggunaannya, CCTV merekam 24 jam sehari tanpa berhenti. Cara kerja CCTV ini membuat tempat penyimpanan hasil rekaman video cepat penuh dan jika terjadi tindak kriminal maka perlu melakukan pencarian begitu lama pada media penyimpanan karena begitu banyak hasil rekaman video. Dengan kemajuan teknologi pada bidang elektronika dan informasi saat ini sistem pada CCTV bisa dimaksimalkan dengan cara melakukan otomatisasi perekaman serta pemberitahuan langsung kepada pemilik atau pengguna dengan menggunakan sensor PIR, GSM Shield dan perangkat android. Semua perangkat tersebut dirangkai dan disatukan menggunakan mikrokontroler Arduino Uno. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa sensor PIR dapat mendeteksi gerakan mulai jarak 0.5 meter sampai jarak 2 meter.

Full Text:

PDF

References


Aroni, Marpaung.charles, Purnamasari.nurjannah. “Rancang bangun dan Analisa Quality Of Service (QoS) CCTV Online Berbasis DVR Menggunakan Jaringan ADSL”. Skripsi. STMIK PalComTech, Palembang.

Anwar.moch. 2015. “Perancangan dan Pembuatan Alat Pengharum Ruangan Dengan Sensor PIR dan Sensor Suhu Berbasis Mikrokontroler”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Beben.priana.achyat.muhammad, Priandana.karlisa. "Rumah Pintar Berbasis Pesan Singkat dengan Menggunakan Mikrokontroler Arduino". Jurnal. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Wiharto.yudi. 2011. "Sistem Informasi Akademik Berbasis Sms Gateway". Jurnal. Politeknik PalComTech Palembang, Palembang.

Aryanto, Mahmud. 2010. IP Camera dan Aplikasinya. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144