PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK OPTIMASI WAKTU KUNJUNGAN WISATA DI YOGYAKARTA

Hendra Setiawan, Al Hafidz Gita Pramelistya

Abstract


Banyaknya destinasi tempat wisata yang ada di Yogyakarta, maka diperlukan sebuah sistem yang berfungsi untuk membantu wisatawan untuk melakukan optimasi waktu kunjungan wisata. Salah satu algoritma optimasi yang dapat digunakan adalah algoritma Dijkstra. Wisatawan memasukkan lama waktu kunjung dan lokasi kunjungan pertama sebagai titik/node awal proses optimasi. Sistem melakukan proses optimasi waktu dengan mempertimbangkan waktu tempuh dari node ke node berikutnya serta perkiraan waktu yang dihabiskan selama berada di lokasi wisata. Proses tersebut dilakukan dari node awal sampai semua node telah terpilih. Setelah itu dilakukan pemotongan di lama waktu kunjungan misalkan dua atau tiga hari. Dalam sistem ini juga dipertimbangkan waktu mulai melakukan kunjungan (waktu start), serta jam buka dan tutup lokasi yang akan dikunjungi. Sebagai hasil simulasi untuk lama kunjungan selama 3 hari maka diperoleh bahwa dengan menggunakan Algoritma Dijkstra dapat dikunjungi 14 tempat wisata dengan total waktu 22 jam 54 menit. Sedangkan tanpa algoritma Dijkstra, untuk 3 hari kunjungan, hanya dapat mengunjungi 13 tempat wisata dengan total waktu 21 jam 39 menit.

References


H.Y. Agus Murdiyastomo, “Pariwisata dan Pelestarian Seni Tradisi Menyongsong Yogyakarta Pusat Budaya 2020, no. 2, hlm. 77-78, 2010.

Fitria, Apri Triansyah, “Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan”, Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 5, NO. 2, Oktober 2013.

Deiby T. Salaki, Penentuan Lintasan Terpendek Dari FMIPA Ke Fakultas Lain Di UNSRAT Manado Menggunakan Algoritma Dijkstra, Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Sam Ratulangi, Manado, 2011.

Luh Joni ErawatiDewi, Pencarian rute terpendek tempat wisata di Bali dengan menggunakan algoritma dijkstra, Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas teknik dan kejuruan, Universitas pendidikan ganesha, Singaraja, 2010.

Antonio Gusmao et al, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra”, EECCIS, vol. 7, no. 2, hlm. 125-130, 2013.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144