ANALISIS POTENSI EKONOMI KABUPATEN DAN KOTA DI PROVINSI MALUKU UTARA

Nur Rahmi Umanailo, Jaka Nugraha

Abstract


Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu tolak ukur pembangunan suatu daerah. Salah satu indikator pertumbuhan ekonomi adalah PDRB (Pendapatan Daerah Regional Bruto). Pertumbuhan ekonomi wilayah adalah pertambahan pendapatan masyarakat secara keseluruhan yang terjadi di wilayah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sektor basis /unggulan yang mempunyai keunggulan kompetitif dan spesialisasi di masing-masing kabupaten/kota, serta menentukan tipologi daerah guna pengembangunan pembangunan kaabupaten/kota. Untuk mengetahuinya digunanakan alat analsis LQ, Model Rasio Pertumbuhan (MRP), Analisis Shift-Share, dan Tipologi Klassen. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan menggunakan tahun analisis 2008-2014. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sektor pertanian, kehutanan, dan kelautan merupakan sektor basis yang paling dominan di Provinsi Maluku Utara karena terdapat di tiap kabupaten/kota kecuali Kota Ternate. Sementara sektor lainnya bervariasi, khusus sektor pengangkutan dan komunikasi hanya dimiliki Kota Ternate sekaligus sebagai kota yang paling memiliki sektor basis terbanyak (6 sektor basis). Kota Ternate masuk dalam tipologi daerah cepat maju dan cepat tumbuh, sementara 5 dari 10 kabupaten/kota lainnya masuk dalam tipologi daerah relatif tertinggal. Dari hasil analisis LQ, Shift-Share, Tipologi daerah dan pertumbuhan sektoral dapat ditentukan kabupaten/kota yang menjadi prioritas pengembangan sektor-sektor unggulan yang dimiliki. Kota Ternate mempunyai prioritas pertama untuk semua sektor basis yang dimiliki (6 sektor basis).

References


Badan Pusat Statistika, 2015, Statistical Yearbook of Indonesia 2015, Jakarta, BPS Pusat. [2] Irawan dan Suparmoko, 2002, Ekonomika Pembangunan Edisi Keenam, Yogyakarta, BPFE-Yogyakarta. [3] Kosuma, Silsilia, Sutomo Wim Palar, dan Agnes L. Ch. P. Lapian, 2016, Analisis Struktur Perekonomian dan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Ternate, Manado, Unversitas Sam Ratulangi, Vol. 16 No. 2.

Kurniawan, Arief, 2013, Analisis Stuktur Perekonomian dan Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Banten Melalui Pendekatan LQ, Shift-Share, Skripsi Ekonomi Pembangunan, Semarang, Universitas Negeri Semarang. [5] Mangun, Nudiatulhuda, 2007, Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah, Thesis Ekonomi dan Pembangunan, Semarang, Universitas Diponegoro. [6] Putra, Aditya Nugraha, 2013, Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten dan Kota di Provinsi DIY, Skripsi Ekonomi Pembangunan, Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah. [7] Sobari, Achmad, 2009, Analisis Kualitas Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Maluku Utara Tahun 2000-2008, Skripsi Ekonomi dan Manajemen, Bogor, IPB. [8] Sukirno, Sadono, 2004, Makro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga, Jakarta, Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144