METODE SHIPMENT CONSOLIDATION SEBAGAI SOLUSI GREEN LOGISTIC

Dina Noviana, Meidina Kalse Boer, Mohammad Salman Al Farisi

Abstract


Perkembangan industri setiap tahunnya mengalami peningkatan, dimana permintaan produk oleh pasar selalu meningkat. Hal ini membuat jumlah penggunaan transportasi yang termasuk dalam segitiga logistik meningkat. Peningkatan ini tidak hanya pada jumlah kendaraan namun juga seberapa sering transportasi digunakan yang berakibat pada meningkatnya jumlah bahan bakar yang digunakan. Hasil pembakaran bahan bakar ini akan menghasilkan emisi gas buang, terutama CO2 cukup tinggi yang menambah polusi udara. Hal ini perlu diminamilisir agar tidak semakin parah, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menerapkan metode shipment consolidation dalam sistem transportasi yang digunakan. Metode ini akan menggabungkan jadwal pengiriman produk dengan jadwal mengambil tagihan hasil penjualan produk. Metode ini dapat mengurangi jumlah emisi CO2 yang dihasilkan. Perhitungan emisi menggunakan mobile combustion yang berdasarkan pada jumlah dan jenis bahan bakar. Dari penelitian ini didapat bahwa emisi CO2 sebelum dan sesudah konsolidasi yaitu sebesar 6.3651357 kg dan 7.0857171 kg.

Full Text:

PDF

References


www.bps.go.id/index.php/linkTabelStatis/1054

Siswantoro, Lagiyono, Siswiyanti. Analisa Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor 4 Tak Berbahan Bakar Campuran Premium Dengan Variasi Penambahan Zat Aditif. Prodi Teknik Mesin. Universitas Pancasakti Tegal

Ülkü M, A. Analysis of Shipment Consolidation in the Logistics Supply Chain. PhD Thesis. Kanada: Universitas Waterloo; 2009.

Ismayanti R I, Boedisantoso R, Assomadi A F. 2011. Kajian Emisi CO2 Menggunakan Persamaan Mobile 6 Dan Mobile Combustion Dari Sektor Transportasi Di Kota Surabaya. Teknik Lingkungan Institut Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

IPCC. 2006. Guidelines for National Greenhouse Gas Inventories. Chapter 3: Mobile Combustion.

Srikandi, N., Driejana. 2009. Pengaruh Karakteristik Faktor Emisi Terhadap Estimasi Beban Emisi Oksida Nitrogen (NOx ) dari Sektor Transportasi. Faculty of Civil and Environmental Engineering. Bandung : ITB.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144