EFISIENSI TEORITIS DAN EKSPERIMENTAL TURBIN PIKOHIDRO JENIS PELTON TINGGI JATUH RENDAH

Budiarso Budiarso, M. Rasyid Ramdhani

Abstract


Indonesia memiliki wilayah luas dengan kondisi geografis pegunungan dan kepulauan. Sebagian kecil penduduk bertempat tinggal pada daerah-daerah terpencil. Hal ini mengakibatkan mahalnya jaringan listrik. Namun pada sisi lain karakteristik geografis pegunungan dan perbukitan memberikan potensi sumber energi. Oleh karena itu, pembangkit listrik tenaga turbin air pikohidro (< 5kW) dapat menjadi solusi untuk daerah – daerah terpencil di Indonesia. Turbin Pelton adalah satu jenis turbin air yang memiliki efisiensi yang baik jika tinggi jatuh air lebih dari 30 meter. Makalah ini akan membahas perhitungan teoritis dan eksperimen terhadap efisiensi turbin Pelton pada kondisi tinggi jatuh rendah kurang dari 10 meter. Dipilih tinggi jatuh 7,5 meter dan debit aliran sebesar 0,0015 m3/s . Hasil perhitungan teoritis mendapatkan efisiensi sebesar 15,44% sedangkan hasil eksperimen mendapatkan efisiensi sebesar 10,02%. Perbedaan efisiensi yang cukup besar diduga akibat adanya hilangnya energi yang disebabkan oleh gesekan pada bearing, kerugian minor dan heat losses pada prony brake.Kerugian minor terbesar diperkirakan terjadi pada flowmeter jenis rotameter.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. 2015. Statistik Ketenagalistrikan, 2014.

Harinaldi dan Budiarso, 2015, Sistem Fluida, Jakarta, Erlangga.

Munson, B.R., et all.2003, Mekanika Fluida edisi ke 4, Jakarta, Erlangga.

Surface Roughness, http://www.engineeringtoolbox.com/surface-roughness-ventilation-ducts-d_209.html, diakses 20 Juni 2016.

Sularso dan Tahara, H., 2006, Pompa dan Kompresor, Pemilihan, Pemakaian, dan Pemeliharaan, PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Williamson, S.J., Stark, B.H. & Booker, J.D. (2012). Low head pico hydroturbine selection using a multi-criteria analysis.

George, F.R. (2004) Incompressible Flow Turbomachines Design, Selection,Applications, and Theory.

Solemslie,B.W. and Dahlhaug,).O.G., 2014, A reference Pelton turbine - design and efficiency measurements, Norwegian University of Science and Technology, IAHR Symposium on Hydraulic Machinery and System.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144