ESTIMASI KEBUTUHAN BAHAN BAKAR KAPAL PENYEBERANGAN ANTAR PULAU BERDASARKAN PERFORMA OLAH GERAK

Daeng Paroka, Arjubono Arjubono, Andi Haris Muhammad, Syamsul Asri

Abstract


Komponen biaya yang paling besar pada operasi kapal sebagai sarana transportasi laut adalah biaya bahan bakar. Selain daya mesin, faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap konsumsi bahan bakar kapal adalah beban kerja dari mesin itu sendiri. Performa olah gerak kapal dalam pelayaran merupakan salah satu variabel yang berpengaruh terhadap beban kerja mesin. Oleh karena itu, dalam estimasi kebutuhan bahan bakar, performa operasi kapal selama pelayaran penting untuk dipertimbangkan. Paper ini membahas tentang pengaruh performa olah gerak terhadap konsumsi bahan bakar kapal. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap performa olah gerak seperti angin dan gelombang akan diamati pengaruhnya terhadap performa operasi kapal serta konsumsi bahan kapal. Performa olah gerak akan diestimasi secara numerik dengan menggunakan persamaan gerak kapal 3 derajat kebebasan (surge, sway dan yaw). Karakteristik angin dan gelombang dimodelkan sesuai dengan karakteristik angin dan gelombang Perairan Indonesia dengan asumsi bahwa kecepatan angin konstan dan gelombang laut adalah reguler (beraturan). Dari hasil simulasi numerik diperoleh kecepatan operasi kapal sesuai dengan karakteristik angin dan gelombang. Berdasarkan hasil simulasi ini selanjutnya dapat diestimasi konsumsi bahan bakar spesifik kapal sebagai fungsi dari karakteristik angin dan gelombang sehingga diperoleh hubungan antara kondisi lingkungan operasi kapal dengan konsumsi bahan bakar untuk setiap daya mesin atau ukuran kapal tertentu.

Full Text:

PDF

References


Fujiwara, T., Ueno, M., Ikeda, Y. Cruising Performance of a Large Passenger Ship in Heavy Sea. Proceedings of the 16th International Offshore and Polar Engineering Conference (ISOPE). San Francisco, USA. 2006; 304 – 311.

Paroka, D., Muhammad, A.H., Asri, S. Steady State Equilibrium of Ship Maneuvering under Combined Action of Wind and Wave. Jurnal Teknologi (Science and Engineering). 2015; 76(1):67 – 75.

Paroka, D., Muhammad, A.H., Asri, S. Maneuverability of Ships with Small Draught in Steady Wind, Jurnal Makara Seri Teknologi. 2016; 20(1):24 – 30.

Chroni, D., Liu, S., Plessas, T., Papanikolaou, A. Simulation Of The Maneuvering Behaviour Of Ships Under The Influence Of Environmental Forces. Proceedings of the 16th International Congress of the International Maritime Association of the Mediterranean (IMAM 2015) Pula, Croatia. 2015.

Kamil, M.F., Paroka, D., Muhammad, A.H., Asri, S. Automatic Control System for Preventing Ship Collisions Using Fuzzy Logic, Proceedings of the International Conference on Ocean, Mechanical and Aerospace for Scientists and Engineers (OMAse), Trengganu, Malaysia. 2016.

Shih, Cia-Hung, Huang, Po-Shuang, Yamamura, S. dan Chen, Chen-Yuang. Design Optimal Control Of Ship Maneuver Patterns For Collision Avoidance : A Review. Journal of Marine Science and Technology. 2012; 20(2):111 – 121.

Spyrou, K.J. Yaw Stability of Ships in Steady Wind. Journal of Ships Technology Research. 1995; 42:21 – 30.

Munif, A., Umeda, N. Modelling Extreme Roll Motions And Capsizing Of A Moderate-Speed Ship In Astern Waves. Journal of Society of Naval Architects of Japan. 2000; 187:51 – 58.

Tsujimoto, M., Sogihara, N. Predistion of Fuel Consumption of Ships in Actual Seas. Proceedingsn of International Research Exchange Meeting on Ship and Ocean Engineering. Tokyo. 2012.

Lu, R., Turan, O., Boulougouris, E. Voyage Optimisation: Prediction of Ship Specific Fuel Consumption for Energy Efficient Shipping. Proceeding of Low Carbon Shipping Conference. London. 2013.

International Maritime Organization (IMO). MEPC 63/23 Annex 9. 2012 Guidline for the Development of a Ship Energy Efficiency Management Plan (SEEMP). London. IMO. 2012.

Spyrou, K.J., Tigkas, I., Chatzis, A. Dynamics of a Ship Steering in Wind Revisited. Journal of Ships Research. 2007; 51(2):160 – 173.

Fang, M.C., Luo, J.H., Lee, M.L. A Nonlinear Mathematical Model for Ship Turning Circle Simulation in Waves. Journal of Ship Research. 2005; 49(2):69 – 79.

Yoshimura, Y. Mathematical model for maneuvring ship motion (MMG Model). Proceedings of Workshop on Mathematical Model for Operations Involving Ship – Ship Interaction. Tokyo. 2005.

Yoshimura, Y., Masumoto, Y. Hydradynamic Database and Maneuvring Prediction Method with Medium – High Speed Merchant Ships and Fishing Vessels. Proceedings of MARSIM 2012, the International Conference on Marine Simulation and Ship Maneuverability. Singapore. 2012.

Kijima, K., Katsuno, T., Nakiri, Y., Furukawa, Y. On the Maneuvering Performance of a Ship with the Parameter of Loading Condition. Journal Society of Naval Architects of Japan. 1990; 168:141 – 148.

Carlton, J.S. Marine Propellers and Propulsion. Second Edition. London:Elsevier, Ltd. 2007:103 – 106.

Umeda, N., Hashimoto, H. Qualitative Aspects of Nonlinear Ships Motion in Following and Quartering Seas with High Forward Velocity. Journal of Marine Science and Technology, 2002; 6:111 – 121.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144