PENGEMBANGN SISTEM SYNCHROMESH UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI MOTOR PADA KENDARAAN LISTRIK

Danardono A.S, Fuad Zainuri, M. Adithya

Abstract


Penelitian kendaraan listrik yang sudah dilakukan tetap mempertahankan penggunaan transmisi karena merubah dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak dengan menggantikan mesin dengan motor sebagai penggerak. Penelitian ini dilakukan untuk mendesain sistem synchromesh pada transmisi manual yang memungkinkan perpindahan gigi dilakukan tanpa pengurangan torsi di salah satu poros sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang tidak mengalami perlambatan kendaraan untuk meningkatkan efisiensi motor pada kendaraan listrik. Pemodelan dinamis dan matematika dari sistem synchromesh disajikan untuk simulasi numerik sebagai tanggapan transien kendaraan selama proses pergeseran gigi agar meningkatkan kualitas pergeseran dan perpindahan gigi. Algoritma kontrol optimal digunakan berdasarkan perbedaan kecepatan dan loop kontrol torsi yang diatur berdasarkan efek dampak torsi yang timbul pada gesekan komponen sinchromesh. Model matematika untuk sistem propulsi dikembangkan dengan menggunakan paket perangkat lunak Matlab / Simulink , di mana sudut mesin throttle dan kekuatan menarik sinkron sebagai sinyal kontrol untuk mengatur synchromesh pada perilaku pergeseran, kemudian hasinya simulasi, diolah dan dibandingkan untuk mendapatkan nilai efektivitas algoritma control. Gambaran simulasi pengembangan pergeseran pada transmisi manual pengembangannya menggunakan model dinamis dari eksternal dan internal linkage, sinkronisasi dan output drivetrain. Gerak sinkronisasi dimodelkan sebagai langkah yang tergantung pada relatif perpindahan dari lengan ke mata cincin, cincin luar dan gigi kontak. Selain itu, model driver dijadikan acuan untuk menggambarkan gerak pergeseran tuas pengemudi. Pengembangan riset dan model yang telah dilakukan, dapat dijadikan sebagai acuan dalam melanjutkan penelitian untuk mendapatkan nilai efektif dan efisien

References


D. Wahjudi, M. Eng, P. Studi, S. Desain, F. Seni, and D. Fsrd, “Desain Perangkat Pengisian Baterai mobil listrik Dengan Pendekatan Efisiensi Lahan Dan Fleksibilitas Produk,” J. Tingkat Sarj. FSRD ITB, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2012.

N. Marc, E. Prada, A. Sciarretta, S. Anwer, F. Vangraefschepe, F. Badin, A. Charlet, and P. Higelin, “Sizing and fuel consumption evaluation methodology for hybrid light duty vehicles,” World Electr. Veh. J., vol. 4, no. 1, pp. 249–258, 2011.

Y. Liu, D. Qin, H. Jiang, C. Liu, Y. Zhang, and Z. Lei, “Shift schedule optimization for dual clutch transmissions,” 5th IEEE Veh. Power Propuls. Conf. VPPC ’09, vol. 1, pp. 1071–1078,2009.

E. Galvagno, M. Velardocchia, and a. Vigliani, “Dynamic and kinematic model of a dual clutch transmission,” Mech. Mach. Theory, vol. 46, no. 6, pp. 794–805, 2011.

C. Ni, T. Lu, and J. Zhang, “Gearshift control for dry dual-clutch transmissions,” WSEAS Trans. Syst., vol. 8, no. 11, pp. 1177–1186, 2009.

J. Kim, S. Park, C. Seok, H. Song, D. Sung, C. Lim, J. Kim, and H. Kim, “Simulation of the shift force for a manual transmission,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part D J. Automob. Eng., vol. 217, no. 7, pp. 573–581, 2005. [7] N. a Abdel-Halim, D. C. Barton, D. a Crolla, and a M. Selim, “Performance of multicone synchronizers for manual transmissions,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part D J. Automob. Eng., vol. 214, no. 1, pp. 55–65, 2005.

Baptista, P., Tomás, M., Silva, C., Plug-in hybrid fuel cell vehicles market penetration scenarios, International Journal of Hydrogen Energy, 2010, 35(18), p. 10024- 10030.

Djoekardi, Djuhana. 1996. Mesin-Mesin Listrik Motor Induksi. Jakarta :Penerbit Universitas Trisakti

UNEP. 2006. Pedoman Efisiensi Energi Untuk Industri di Asia. 2014

IEA, Energy Technology Perspectives, scenarios & strategies to 2050 by International Energy Agency, 2010. [12] M. S. and team B. Dr. Ir. Unggul Priyanto, Outlook Energi Indonesia 2014 BPPT, vol. 53, no. 9. 2014.

P. B. Schlecht, T. U. Dresden, W. Trautenberg, C. Weidemann, M. Nussbaumer, P. B. Schlecht, and T. U. Dresden, “Gearshift-Comfort Oriented Transmission and Drive Train Simulation at BMW This report describes the way in which,” vol. 9, no. July, pp. 1–5, 2005.

Tim Pengembang Mobil Listrik Nasional ITB, “Penelitian dan pengembangan mobil listrik Nasional 2014,” 2014.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144