STUDI PENGARUH IMPLEMENTASI JET SINTETIK TERHADAP GAYA DRAG AERODINAMIS PADA MODEL MOLINAS

Harinaldi Harinaldi, Ramon Trisno, Inshanu Ghalih Wibowo

Abstract


Penelitian ini mengenai implementasi dari kontrol aktif aliran berupa pemasangan aktuator jet sintetik (SJA) pada kendaraan beroda, yaitu model mobil Ayla. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh Kontrol Aliran Aktif Jet Sintetik terhadap penurunan nilai koefisien drag yang ada pada mobil tersebut. Selain hal tersebut, pada penelitian ini juga akan melihat perilaku medan kecepatan, distribusi tekanan dan intensitas turbulensi pada saat aktuator jet sintetik digunakan. Penelitian ini menggunakan dua metode pendekataan, yaitu metode komputasional dengan menggunakan perangkat lunak Ansys FLUENT dan metode eksperimental yang dilakukan pada terowongan angin. Terdapat tiga buah kecepatan yang akan diuji dalam penelitian ini yaitu 11.1 m/s, 13.9 m/s dan 16.7 m/s. Hasil yang didapatkan dengan penggunaan kontrol aliran aktif jet sintetik adalah dapat mengurangi ukuran olakan yang terbentuk pada bagian belakang mobil, meningkatkan tekanan udara global, menurunkan intensitas turbulensi dan menaikan nilai energi kinetik rata-rata yang dimiliki oleh fluida udara. Sehingga, dikarenakan hal tersebut koefisien drag yang ada pada mobil dapat diturunkan.

References


Intergovernmental Panel on Climate Change (2014). Climate Change 2014: Mitigation of Climate Change. New York:

H. E, Fidler dan Fernholz, H. H. (1990). On Management and Control of Turbulent Shear Flows. Prog. Aerospace Sci, 27, 305-387

Gak-El-Hak, M (1996), Modern Development in Flow Control, Appl. Mech. Rev., 9, pp. 365-379

Munson, Bruce R, Donald F. Young, et al. (2002). Fundamentals of Fluid Mechanics (4th ed). United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

[5] Anderson Jr, John D. (2001). Fundamentals of Aerodynamics (3rd ed). Singapore: McGraw-Hill Higher Education.

Mello, Miranda H.C. (2004). Study of Effect of Synthetic Jet Actuators on the Delay of Transition of the Boundary Layer Developed on a Flat Plate. 24th International Congress of Aeronautical Sciences. pp. 1 – 9

Kourta A. & Gillieron P., 2009, Impact of automotive Control on the Economic Issues, Journal of Applied Fluid Mechanics, vol. 2, no. 2, pp. 69 – 75

Glezer, A. (2022). Synthetic Jets. Annu. Rev. Fluid Mech, 34:503 – 29. [9] Magarvey, R. H., & MacLatchy, C. S. (1964). The formation and structure of vortex rings. Canadian Journal of Physics, 42(4), 678-683




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144