KONSEP DESAIN DAN ANALISA STRUKTUR COTTAGE TERAPUNG DENGAN LAMBUNG SILINDRIS

Marcus Albert Tahatu, Gerry Liston Putra, Sri Lestari Maharani

Abstract


Salah satu akibat pemanasan global yang terjadi di Bumi yaitu makin tingginya permukaan air laut yang menyebabkan makin mundurnya garis pantai dan berakibat pada berkurangnya luas daratan. Saat ini sebagian besar manusia bertempat tinggal dan melakukan aktivitas di daratan. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan luas laut 7.900.000 km2 atau empat kali dari luas daratannya, dan 60% penduduknya hidup di wilayah pesisir akan sangat terpengaruh oleh kenaikan air laut global tersebut. Cottage Terapung merupakan suatu ide rancang bangunan terapung dengan lambung berbentuk silindris yang dicetuskan oleh tim penulis sebagai solusi tempat tinggal manusia di laut Indonesia. Penampang lambung yang bundar memungkinkan struktur memiliki tahanan hidrodinamis yang sama untuk segala arah pada saat terkena gelombang, selain itu bentuk silindris memiliki ketahanan stabilitas yang lebih baik dibanding struktur lainnya. Perbandingan tinggi sarat air dan diameter Cottage terapung yaitu (1:4.5). Dilakukan penjelasan mengenai konsep desain dengan cakupan sistem stabilitas, sistem konstruksi, sistem kelistrikan, sistem keselamatan, sistem tambat, sistem proteksi dan perbaikan, hingga ekonomi dari Cottage terapung. Sistem konstruksi bangunan di analisa berdasarakan kekuatan memanjang dan melintang ketika berada dilaut.

References


Bai,Yong (2003), Marine Structural Design. Elsevier., Oxford.

Derret, D.R. (1999). Ship Stability for Masters and Mates. Butterworth-Heinemann.Oxford

Douglas, Bruce C. (1997).A Global Sea Rise : A Redetermination. Springer Netherlands, Vol.18 Issue.2

D’Archangelo, A Guide to Sound Ship Structures (Cornell Maritime Press,1966).

Ir. M.A. Talahatu M.T. 1978. Teori Merancang Kapal. Departemen Teknik Mesin FTUI: Depok.

Ir. M.A. Talahatu M.T. Hydromekanika Kapal 1 dan 2. Departemen Teknik Mesin FTUI: Depok.

Molland, A.F. (2008).A Guide to Ship Design, Construction and Operation. The Maritime Engineering Reference Book, Butterworth-Heinemann, Elsevier.

Prof. B. Boon, Lokakarya 40 jam, Rancang Bangun Anjungan Lepas Pantai. Kampus UI Depok 3 s/d 8 Oktober 1988. (FTUI 1988)

Rules for Classification and Construction, Bureu Veritas

Rules for Classification and Construction, Badan Klasifikasi Indonesia




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i2.1781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144