SISTEM PENGATURAN KADAR ASAM (PH) DAN WAKTU PEMBERIAN NUTRISI TANAMAN HIDROPONIK MENGGUNAKAN ENERGI SOLAR CELL

Irianto Irianto, Suhariningsih Suhariningsih, Yanuar Sholikhah

Abstract


Proses pengukuran dan pengaturan kadar asam (pH) serta waktu pemberian nutrisi sangat tergantung pada manusia, bila terjadi keterlambatan dalam proses tersebut pertumbuhan tanaman menjadi terganggu (kurus dan kering) dan menyebabkan produktivitas menurun. Pengukuran dan pengaturan pH dalam air serta waktu pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik saat ini pada umumnya masih menggunakan sistem manual dengan menggunakan sumber listrik dari PLN (Pembangkit Listrik Negara), sistem harus bekerja selama 18 jam, bila sumber listrik padam maka sistem tidak dapat bekerja. Pada penelitian ini dibuatlah sistem otomasi untuk budidaya tanaman hidroponik selada yang memiliki standar pH 6-7, yakni pengaturan pH dan waktu pemberian nutrisi menggunakan energi solar cell. Pemberian nutrisi ke dalam air menggunakan timer yang dikontrol oleh Real Time Clock, pengaturan pH air dikontrol oleh sensor pH yang mampu membaca dan mengirimkan data setiap saat pada mikrokontroler, bila pH dalam air yang tercampur oleh nutrisi tidak sesuai dengan nilai standar pH yang dibutuhkan oleh tanaman, maka mikrokontroler akan merespon hasil pembacaan sensor pH dan mengatur valve untuk aktif serta menambah larutan pH yang dibutuhkan oleh air hingga mencapai nilai standar pH. Sistem menggunakan sumber dari batery 12 V 35 Ah agar dapat bekerja selama18 jam ketika listrik padam. Terdapat Buck-Boost Converter untuk mengatur tegangan yang masuk dari solar cell ke baterai. Sistem otomasi pengaturan pH air dan pemberian nutrisi dapat terkontrol sesuai range yang dibutuhkan tanaman dari range 7-8 menjadi range 6-7. Dengan adanya alat ini para petani hidroponik tidak merasa kerepotan untuk memberikan nutrisi dan mengatur pH air pada tanaman yang dibudidayakan.

Full Text:

PDF

References


Tua, Adi Christ Tamba. 2013. “Pengendalian pH pada Sistem Pemupukan Tanaman Hidroponik Berbasis Mikrokontroler AVR Atmega16”. Proyek akhir, S1 Teknik Elektro, Fakultas Tenik, Universitas Kristen Maranantha. Bandung.

Diansari, Muthia. 2008. “Pengaturan Suhu, Kelembapan, Waktu Pemberian Nutrisi dan Waktu pembuangan Air untuk Pola Cocok Tanam Hidoponik Berbasis Mikrokontroler AVR Atmega 8583”. Proyek akhir, S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (UI). Depok.

Romadloni, Pristian Luthfy. 2014. “Rancang Bangun Sistem Otomasi Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique)”. Proyek akhir, D3 Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. Bandung

Prabowo, Yani. 2007. “Rancang Bangun dan Pemanfaatan Programmable Logic Controller (PLC) untuk Pengendalian Budidaya Tanaman Hidroponik”. Proyek akhir, Magister Ilmu Komputer, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Abdullah, Dani. 2016. “Rancang Bangun Sistem Pengaturan Nutrisi dan Air pada Tanaman Hidroponik”. Proyek akhir, D4 Teknik Elektro Industri, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Surabaya.

Nurfachri, Ergi. 2012. “Rancangan Sistem Monitoring pH Berbasis Mikrokontroller Arduino dan Wifi Node ESP8266”. Prosiding. Keilmuan Fisika Teoretik Energi Tinggi dan Instrumentasi, Institut Teknologi Bandung (ITB). Bandung.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i3.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________________________________________

Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang 65144