PERANCANGAN SYSTEM PENGUSIR NYAMUK MENGGUNAAN SENSOR ULTRASONIK DENGAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER ENERGI

Shoffin Nahwa Utama

Abstract


Nyamuk selama ini selalu menjadi momok bagi manusia karena serangga ini mengganggu dan bisa menimbulan berbagai macam penyakit. Banyak orang melakukan Pengendalian serangga ini dengan cara membunuh menggunaan insektisida yang terdapat efek samping disebabkan kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi manusia. Membasmi dan mengusir nyamuk menggunakan teknologi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga lingkungan didalam rumah kita dari bahaya bahan kimia yang berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu teknologi ramah lingkungan yang mampu mempengaruhi nyamuk adalah gelombang ultrasonik. Pada penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk merancang prototype alat pengusir nyamuk pada suatu ruangan menggunaan sensor ultrasonik HC-SR04 dengan frekuensi 40 KHz dengan menggunakan energi panel surya, Uji coba dilakukan guna mengetahui pola reaksi perpindahan nyamuk dalam wadah atau ruangan tertutup yang terdiri dari dua ruangan. Uji coba perilaku normal diperoleh hasil prosentase perpindahan dari ruang 1 ke ruang 2 sebesar 15%. Pada uji coba menggunakan gelombang ultrasonik diperoleh hasil prosentase perpindahan dari ruang 1 ke ruang 2 sebesar 42,5 %.Hasil penelitian menunjukkan pola reaksi nyamuk yang cenderung menjauhi sumber gelombang ultrasonik

Full Text:

PDF

References


A. A. Enayati, J. Hemingway, and P. Garner, “Electronic mosquito repellents for preventing mosquito bites and malaria infection,” Cochrane Database Syst. Rev., no. 2, 2007.

M. Islamiyah, A. S. Leksono, and Z. P. Gama, “Distribusi dan Komposisi Nyamuk di Wilayah Mojokerto,” J. Biotropika, vol. 1, no. 2, pp. 80–85, 2013.

Mas Mansyur , E . Devi Dwi Rianti , Heru Setiawan. " Frequency Optimization Of Wave Exposure And Dose To Kill". 2015

A. Wigiardi, A. D. Pradana, D. Budiasih, and D. Y. Puspitarini, “Robotack-O-Mos : Robot Attack Mosquitos , Inovasi Alat Pengusir Nyamuk Portable Berbasis Ultrasonic Wave Dan Auto-Rotate Device,” pp. 1–6, 2007.

R. Agusdian and F. A. Rakhmadi, “Sistem Proteksi Tanaman Padi Dari Serangan Hama Wereng Menggunakan Gelombang Ultrasonik.”

Z. Budiarso and A. Prihandono, “Implementasi Sensor Ultrasonik Untuk Mengukur Panjang Gelombang Suara Berbasis Mikrokontroler,” J. Teknol. Inf. Din. Vol. 20, No.2, Juli 2015 171-177, vol. 20, no. 2, pp. 171–177, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.