APLIKASI BLUETOOTH SEBAGAI INTERFACING KENDALI MULTI-OUTPUT PADA SMART HOME

Nur Yanti

Abstract


Sistem smart home saat ini merupakan salah satu solusi untuk memudahkan dalam mengendalikan dan mengawasi seluruh ruangan yang ada di rumah, terutama saat berada di luar rumah. Sistem Smart home telah banyak dirancang dan digunakan namun dengan konsep yang berbeda-beda. Sistem smart home hingga kini memiliki kekurangan yaitu masih menggunakan bentuk instalasi kabel konvensional. Dimana, kabel konvensional memerlukan jumlah kabel yang sangat banyak,sulitnya proses instalasi, mengurangi keindahan ruangan serta memerlukan tukang dalam proses pengerjaan dan dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran apabila terjadi hubung singkat. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, teknologi nirkabel dapat digunakan dalam sistem smart home. Teknologi nirkabel yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu komunikasi wireless dengan komunikasi serial bluetooth. Tujuan penelitian ini merancang interfacing menggunakan komunikasi nirkabel bluetooth dengan mikrokontroller sebagai pengendali utama dan smartphone berbasis android sebagai tampilan indikator dari output yang dikontrol. Metodologi yang dilakukan meliputi perancangan hardware, pembuatan software, pengujian alat serta pengoperasian alat. Perancangan hardware berupa modul interfacing multi-output, pembuatan program sesuai sistem yang diinginkan, pengujian alat meliputi pengujian mikrokontroller, sensor gas MQ2, sensor suhu DHT11, motor servo dan serial bluetooth, setelah itu dilakukan pengoperasian alat, penerapan smart home dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menghasilkan sistem kontrol dan monitoring multi-output yang diaplikasikan pada smart home dengan tampilan pada smartphone android menggunakan komunikasi bluetooth. Bluetooth sebagai media komunikasi nirkabel dapat diaplikasikan untuk berbagai aplikasi kontrol dengan sistem transmitter-receiver yang baik.   

Full Text:

PDF

References


Putro, M.D, 2014, Perancangan Shading Device Pada Smart Home, E-journal Teknik Elektro dan Komputer (2014), ISSN : 2301-8402

Setiadi, H. Munadi, 2015, DESAIN MODEL SMARTHOME SYSTEM BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535, JTM Vol. 3, No. 2, Tahun 2015

Fathur Z.R, “Prototype Development of Monitoring System in Patient Infusion with Wireless Sensor Network ”, 15th International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA), ITS Surabaya, Mei 2015.

Yurmama, Fajar, T., Azman, Novi. 2009. PERANCANGAN SOFTWARE APLIKASI PERVASIVE SMART HOME. Yogyakarta : Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009)

Abdul Kadir. Buku Pintar Pemrograman Arduino. Penerbit MediaKom Yogyakarta. 2014

Heri Andrianto, Aan Darmawan. Arduino Belajar Cepat dan Pemrograman. Penerbit Informatika Bandung. 2016.

Jazi Eko, 2014, Pengantar Elektronika & Instrumentasi, C.V ANDI OFFSET.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.