RANCANG BANGUN MODUL KONTROL OTOMATIS DENGAN KOMPARATOR CLOSED-LOOP AMPLIFIER UNTUK LAMPU PENERANGAN JALAN

Nur Kasan

Abstract


   Pemanfaatan saklar otomatis di perkotaan sudah lebih banyak digunakan dibandingkan dengan lokasi pedesaan, apalagi pada wilayah pelosok. Saklar otomatis yang dikendalikan oleh cahaya matahari dengan komponen utama kontak bimetal, dimana bila terjadi penyimpangan dari setting cahaya secara manual, maka pengaturan padam dan nyala beban lampu akan berubah pula, bilamana kontrol yang menggunakan rangkaian timer juga dapat menyimpang dari setting waktu yang di program untuk aplikasi jangka panjang..Dengan mempertimbangkan kondisi diatas, peneliti telah merancang dan merealisasikan modul kontrol lampu penerangan jalan dengan komprator close loop (dengan feedback), tentunya hasil disain ini lebih stabil dengan toleransi yang dapat dikehendaki, dibandingkan dengan penelitian sebelumnya yang menggunakan kompator open-loop (tanpa feedback). Pengaruh internsitas cahaya matahari sesaat disebabkan oleh awan yang mengenai sensor cahaya LDR akan menyebabkan perubahan kondisi modul yang akan menyalakan beban lampu, meski seharusnya modul kontrol belum waktunya menyalakan beban lampu. Karena perubahan tegangan input dari output sensor LDR sebesar 1 mV saja dapat mempengaruhi operasi dari modul kontrol. Disain rangkaian elektronik yang menggunakan komponen op-amp dirangkai closed-loop dengan menerapkan sebagai amplifier (inverting, non-inverting, differensial) dengan data input suatu LDR type tertentu yang diukur/diuji riil nilai tahanan output (dalam KW)  pada pagi, siang, sore sampai malam;  kemudian hasil data ukur dimasukkan sebagai input rancangan dan uji rangkaian selanjutnya akan disimulasikan dengan Electronic Circuits Design Software. Dari hasil simulasi beberapa rancangan rangkaian close loop amplifier, dipilih diferensial amplifier yang memungkinkan toleransi yang diinginkan masih dalam batas ouput yang dikehendaki dengan mengatur besaran tahanan input dan feedback untuk input driver relay.Didapatkan hasil simulasi pada siang hari, rangkaian diver relay tidak bekerja (kondisi lampu mati) meskipun terjadi perubahan intensitas matahari karena pengaruh awan gelap sesaat pada saat siang hari, asalkan masih dibawah range toleransi yang dikehendaki. Inilah yang membedakan penggunan op-amp dirangkai sebagai komparator (open loop) yang menyebabkan rangkaian driver relay bekerja, sehingga menyebabkan lampu menyala pada siang hari sesaat dengan kondisi berawan (mendung).

Full Text:

PDF

References


. Clyd N. herrict; Instrument and Measurement for Electronics, Mc Graw-Hill 1972.

. Cooper, william david, Instrumentasi elektronika dan Teknik Pengukuran Jakarta, Erlangga, 1999.

. Hayt Neudeck : Electronic Circuits Analysis and Design, Houghton Mifflin Company,

. Malvino, albert paul, Prinsip dan penerapan digital, Erlangga, Jakarta, 1981.

. Millman, Microelectronic : Digital and Analog Circuits and Systems, Mc-Graw hill.

. Joseph J. Carr, Element of Electronic Instrumenttation and Measurement, Resto 1979.

. Khasan, “Rancang Bangun modul otomatis dan Hybrid untuk Kontrol Lampu Penerangan Jalan di Pedesaan”. Puskareka 2010.

. Khasan, “Perancangan Sistem Rangkaian Elektronik Terintegrasi pada Pembangkit Listrik Tenaga surya, Angin, Air dan Jala-jala PLN/GENSET untuk Skala Kecil”, Puskareka 2011.

. Khasan, “Perancangan Modul Rangkaian Elektronik Terpadu Untuk Lampu Penerangan Jalan”. Penelitian Berorientasi Produk (PBP) 2012.

. Khasan, “Perancangan Modul Kontrol Elektronik Otomatis tanpa menggunakan trafo step-Down dengan Kapasitas nominal beban 2000 VA”. Penelitian Berorientasi Produk (PBP) 2013.

. Alona, Muhammad Subhan A.”Simulasi Sistem Kendali Lampu Otomatis”. Universitas

Gunadharma 2014, UG jurnal; volume : 8, No:2.

. Budi Mulyawan, H. Didik Notosudjono, Evyta Wismiana,” Perancangan Sistem Penerangan Jalan Umum Menggunakan Photovoltaik di dusun Gunung Batu Desa Tangkil Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor”. Teknik Elektro Universitas Pakuan Bogor 2016.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i3.1490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________________________________________

Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang 65144