APLIKASI PEMESANAN DAN PEMASARAN BERBASIS MOBILE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PENGUSAHA TRAVEL

Yufis Azhar, Hardianto Wibowo, Galih Wasis Wicaksono

Abstract


Tidak dapat dipungkiri bahwa ketersediaan modal menjadi salah satu faktor utama dalam ketahanan suatu usaha travel. Banyak usaha yang akhirnya harus gulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan usaha sejenis yang memiliki modal besar. Perlu ada strategi jitu dari pengusaha dengan modal kecil ini agar usahanya tetap eksis meskipun dengan dana yang minim. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen serta alat bantu untuk memasarkan jasanya. Sistem aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh konsumen untuk memesan jasa layanan travel sekaligus dapat digunakan sebagai media pemasaran adalah jawabannya. Selain itu, dalam penelitian ini diusulkan pula suatu konsep pemasaran baru yang terinspirasi dari skema MLM (Multi Level Marketing) yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan kosmetik atau alat kesehatan dalam memasarkan produknya. Sistem pemasaran ini juga akan dibantu oleh aplikasi mobile agar mudah penggunaannya. Diharapkan dengan adanya sistem pemasaran seperti ini, pangsa pasar dari suatu usaha travel akan lebih luas sehingga kuantitas konsumen yang menggunakan jasa travel tersebut juga akan semakin bertambah

Full Text:

PDF

References


Wartanindita, "Penerapan strategi promosi pada travelink tour & travel Kota Malang". Penerapan strategi promosi pada travelink tour & travel Kota Malang (2014)

Pramono, Rendra Adi. "Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Satisfaction Dan Brand Loyalty Pada Jasa Biro Perjalanan Antar Kota Di Kota Malang." Jurnal Aplikasi Manajemen 11.3 (2014): pp-354.

Syarif, Teuku. "Kajian efektifitas model promosi pemasaran produk UMKM." Jurnal Pengkajian KUKM 3.1 (2015).

Rachmawati, Rina. "Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran)." Jurnal Kompetensi Teknik 2.2 (2011).

Siregar, Desefty Jukharia. "Analisis Strategi Pemasaran Multi Level Marketing (MLM) Syariah Terhadap Pendapatan Anggota Pada PT Wahida Indonesia Cabang Medan." (2009).




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i3.1485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________________________________________

Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang 65144