SISTEM PENGENDALI PINTU PAGAR SECARA OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER

Ahmad Sahru Romadhon, Devie Rosa Anamisa

Abstract


Sistem pengendalian pintu pagar merupakan hal yang cukup penting guna mempermudah akses dari pemilik rumah, kebanyakan pintu pagar terbuat dari besi dengan bobot yang berat sehingga membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk membuka pintu tersebut.  Sistem ini menggunakan mikrokontroller arduino sebagai pengedali utama pintu pagar, motor DC digunakan sebagai penggerak pintu agar pintu bisa terbuka scara otomatis. Pada sistem ini terdapat sensor ultrasonik yang dapat mengetahui jika di depan pagar terdapat mobil dan memberikan sinyal kepada mikrokantroler arduino untuk membuka pintu secara otomatis dan menutup setelah mobil melewati pintu pagar. Dengan adanya pintu pagar otomatis ini, dapat memudahkan pemilik rumah dalam membuka dan menutup tanpa bersusah payah mendorong ataupun menggeser pintu pagar. Pada penelitian ini dilakukan percobaan sebanyak 50 kali, terdapat 2 kali kegagalan dalam  percobaan dikarenakan jarak mobil yang berada didepan pagar terlalu mendekati sisi kanan atau kiri sehingga terjadi kegagalan sensor ultrasonik membaca jarak.

Full Text:

PDF

References


Fausett, Laurence, “Fundamentals of Neural Networks (Architectures, Algorithms and Application)”, Prentice-Hall, New Jersey. 1994.

Jong Jek Siang, Msc, Drs, “Jaringan Syaraf Tiruan & Pemrogramannya Menggunakan Matlab”,Andi Offset, Yogyakarta. 2005.

Sahru Romadhon, Ahmad. Sistem Kendali Robot menggunakan Perintah Suara dengan Metode Back Propagation. SNASTI. Surabaya 2012.

Syahwil, Muhammad, “Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino”, Andi, Yogyakarta. 2013.

Munir, Rinaldi, ”Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmatik” Informatika, Bandung. 2004.

Kusumadewi, Sri. “Artificial Intelligence”, Graha Ilmu, Yogyakarta. 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.