ANALISIS PENGARUH JUMLAH FRAME VIDEO YANG HILANG TERHADAP KUALITAS VIDEO YANG DILIHAT PENONTON

Yoanda Alim Syahbana, Memen Akbar

Abstract


Jumlah frame video yang hilang akibat buruknya kualitas internet yang mentransmisikan video berpengaruh pada kualitas video yang dilihat penonton. Penelitian ini fokus pada analisis kondisi tersebut dengan memvariasikan Group of Picture (GOP) yang hilang dan jenis frame video yang hilang. Total 18 video pengujian telah dibuat berdasarkan tiga konten master video yang diambil dari Consumer Digital Video Library (CDVL). Video-video ini kemudian diperlihatkan kepada 47 responden dalam sebuah penilaian kualitas video berdasarkan rekomendasi ITU P.910. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hilangnya frame video pada konten video dengan objek bergerak cepat (σMOS=0.29) tidak telalu mempengaruhi kualitas yang dirasakan penonton. Namun, hilangnya frame pada konten video Head and shoulders sangat berpengaruh pada kualitas video (σMOS=0.44) dan signifikan menurunkan kualitas video yang dilihat penonton.Informasi ini bisa dimanfaatkan oleh penyedia layanan VoD sebagai strategi pengaturan transmisi frame video. Pada akhirnya, kualitas video terbaik dapat dinikmati oleh penonton dalam kondisi akses internet yang terbatas.

Full Text:

PDF

References


Winkler, S. dan Mohandas, P. (2008). The Evolution of Video Quality Measurement: From PSNR to Hybrid Metrics. IEEE Transactions on Broadcasting. 54(3), 660 - 668. IEEE.

Batkauskas, V. dan Kajackas, A. (2010). Quality of Heterogeneous Mobile Data Services: Capabilities and End–user Achievements. Electronics and Electrical Engineering.–Kaunas: Technologija. 5(101), 43-46.

http://www.cdvl.org/

Ahmad Vakili,2011, Impact of Frame Loss Position on Transmitted Video Quality: Models and Improvement.

ITU. (2008). Recommendation P.910 - Subjective Video Quality Assessment Methods for Multimedia Applications. Geneve: International Telecommunication Union.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.