IBM SARI BUAH STRAWBERRY DAN MURBEI DI DESA PANDAN REJO KOTA BATU

Shanty Kusuma Dewi, Dian Palupi Restuputri

Abstract


Usaha minuman sari buah strawberi dan murbei milik bapak Sugiono sudah dimulai pada tahun 2010. Usaha   minuman sari buah strawberi dan murbei yang dijalankan oleh pak Sugiono bernaung dalam home industri Sumber Barokah dan mempunyai merek Arrohmah. Sedangkan kelompok Wanita Tani Melati Putri diketuai oleh Ibu Gunarsih pada tahun 2016 ini  kelompok  wanita  tani  Melati  Putri  memulai  usaha  pembuatan  minuman  sari  buah strawberi dan murbei yang diberi merek Jasmine. Hasil produksi kedua mitra cukup laku di jual di pasaran, akan tetapi mereka belum berani untuk memproduksi terlalu banyak karena khawatir kalau produknya tidak bisa bertahan lama. Permasalahan yang dirasakan oleh kedua mitra ini disebabkan pada proses produksi sari buah khususnya pada proses penyaringan masih  menggunakan  metode  pengolahan  yang  manual,  dimana  proses  penyaringan  buah masih menggunakan kain kasa. Jika proses penyaringan tidak sempurna maka dalam jangka waktu 1-2 bulan produk akan mengalami proses pengendapan, dan endapan ini berpotensi untuk menimbulkan jamur atau bakteri sehingga produk tidak layak untuk dikonsumsi. Minuman sari buah strawberi dan murbei yang dihasilkan oleh kedua mitra sudah dikemas dengan cukup bagus dan diberi label nomor P-IRT yang menunjukkan bahwa mereka telah mendapatkan ijin jaminan usaha makanan yang dijual telah memenuhi standar keamanan makanan dan ijin edar produk dari dinas kesehatan kota Batu. Kesadaran masyarakat akan adanya label halal pada produk makanan dan minuman juga membuat kedua mitra berkeinginan untuk mendapatkan sertifikasi hala l sehingga akan mempermudah dalam proses pemasaran produk.. Program pengabdian ini bertujuan untuk membantu mitra dalam pembuatan alat penyaring dan sertifikasi halal. Dengan adanya program IbM mitra mendapatkan bantuan alat penyaring sehingga waktu produksi lebih cepat dan efisien. Selain itu alat penyaring yang sudah dimanfaatkan dalam proses produksi mitra pengabdian juga sudah mendapatkan sertifikasi hahal dari LPPOM MUI Jatim. 

Full Text:

PDF

References


Juansah, J., Dahlan, K. & Huriati, F., Peningkatan Mutu Sari Buah Nanas Dengan Memanfaatkan Sistem Filtrasi Aliran Dead-End Dari Membran Selulosa Asetat. Makara Sains, 13(1), pp. 94-100. 2009.

Mangunwidjaja, D. D., Teknologi Membran Pada Bioproses. Bogor: Pusat Antar Universitas Bioteknologi, IPB. 1990.

Hartomo, A. J. & Widiatmoko, M. C., 1994. Teknologi Membran Pemurnian Air. Yogyakarta: Andi Offset.

Steindl, R. J. & Rackermann, D. W.,. Membrane Filtration of Clarified Juice. In : Procceddings of the 27th International Society of Sugar Cane Technologist Congress. 7-11 March 2010, Veracruz, Mexico, 2010

Schonenberger, P., Giorgi, D. D. & Ducruet, J., Filtration of Grape Juice Sediments : a New Application For Cross-Flow Filters. Wine & Viticulture Journal, Volume March/April, pp. 28-33. 2012.

Hoek, E., Kim, A. & Elimelech, M., . Influence of Crossflow Membrane Filter Geometry on Colloidal Fouling of Reverse Osmosis Membranes. Enviromental Engineering Science, Volume 19, pp. 357-372. 2002

http://www.halalmui.org/ diakses pada 20 Oktober 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.