RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE UKM GS4 MALANG MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING

Gita Indah Marthasari, Diah Risqiwati, Tri Buana Tungga Dewi

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah usaha kecil dan menengah atau sering disebut UKM. Usaha kecil dan menengah Indonesia telah membuktikan perannya sebagai kontributor pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan membuktikan diri secara historis terhadap krisis. Namun, pemerintah sadar bahwa UKM di Indonesia belum siap dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan peraturan yang menyediakan fasilitas kemudahan impor bagi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan produk-produk tujuan ekspor.. Namun dalam prosesnya, permasalahan yang sering dihadapi UKM adalah kesulitan dalam pemasaran produk. Sama seperti yang dialami oleh UKM GS4 Malang yang memproduksi furnitur berbahan dasar kayu. kesulitan di bidang pemasaran merupan kendala bagi UKM GS4 dalam mengembangkan usahanya. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan website e-commerce sebagai sarana pemasaran. Pada penelitian ini website e-commerce dibangun menggunakan metode prototyping agar dapat menyesuaikan kebutuhan user. Hasil pengujian yang dilakukan dengan metode black box dan User Acceptance Test menunjukkan bahwa website yang dibangun sesuai dengan kebutuhan klien dan semua fitur dapat berjalan dengan baik. 

Full Text:

PDF

References


Afiah, Nunuy Nur. 2009. Peran Kewirausahaan dalam Memperkuat UKM Indonesia Menghadapi Krisis Finansial Global. Working Paper In accounting and Finance, October 2009 Reasearch Days. Bandung: Fakultas Ekonomi Universtitas Padjadjaran.

Kementrian Koperasi dan UKM. (n.d.). Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah diakses pada 30 Mei 2016. http://www.depkop.go.id/content/read/pemberdayaan-koperasi-dan-usaha-kecil-dan-menengah/

Gunarso. 2013. Pengembangan Layanan Hotel Berbasis Multimedia Pada Platform Android. Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Bina Darma, Palembang.

Pressman, Roger S. 2005. Software Engineering a Practitioner’s Approach (6th ed). Singapore: McGraw-Hill

Pradipta, Afghan Amar. 2015. Pengembangan Web E-Commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Tugas Akhir, Program Studi Strata 1 Sistem Informasi Universitas Telkom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.