PROSES DESAIN DAN PENGUJIAN MESIN PRESS HIDROLIK BRIKET LIMBAH BAMBU

Iis Siti Aisyah, Ali Saifullah, Taufik Satya

Abstract


Briket merupakan salah satu solusi altenatif yang cukup efektif dan efisien dalam menghadapi krisis sumber energi fosil untuk bahan bakar. Melihat pola manajemen limbah bambu di industri tusuk sate yang masih belum secara optimal memanfaatkan limbah, maka melalui penelitian ini dicoba untuk merancang dan membuat mesin press briket limbah bambu agar dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Mesin press yang dirancang mempunyai kapasitas 6 kg/jam dan mempunyai kemampuan untuk mengukur tekanan sehingga sekaligus berfungsi sebagai alat ukur. Dalam perancangan, ditentukan dimensi dan kapasitas dari komponen utama yang terdiri dari rangka, cetakan briket dan penekan briket, serta silinder hidrolik yag digunakan agar aman dalam operasinya. Selanjutnya, setelah proses manufaktur, mesin press tersebut diuji untuk mengetahui kemampuan mesin untuk membuat briket dalam beberapa variasi besaran tekanan dan komposisi briket. Guna mengetahui variasi tekanandan komposisi briket mana yang optimal maka selanjutnya briket diuji terhadap variabel lama pembakaran dan porositas. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa proses perancangan menghasilkan mesin press yang memenuhi tujuan perancangan. Sedangkan karakteristik briket yang dihasilkan untuk lama pembakaran tertinggi didapatkan pada dengan tekanan pengepresan 500 kg/cm2 dengan lama pembakaran 40 menit 21 detik. Sedangkan yang terpendek adalah untuk tekanan pengepresan 100 kg/cm2 dengan lama pembakaran 28 menit 38 detik. Nilai porositas tertinggi didapatkan dengan tekanan pengepresan 100 kg/cm2 dengan nilai 77,32%. Sedangkan nilai porositas terendah, yaitu sebesar 43,56%, didapatkan dari tekanan pengepresan 500 kg/cm2. Untuk komposisi briket, komposisi 25% memberikan nyala terlama yaitu 70 menit 12 detik sedangkan porositas tertitnggi didapatkan untuk komposisi 5% dengan nilai 67,12%.

Full Text:

PDF

References


ari G, dan Hartoyo, "Beberapa Sifat Fisis dan Kimia Briket Arang dari Limbah Arang Aktif", Puslitbang Hasil Hutan, Bogor, 1983

Zul Hilmi, F, "Analisis Char Hasil Pirolisis Limbah Platik Polyvinyl Chloride (PVC) berdasarkan Variasi Temperatur dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Bakar Briket", Tugas, Akhir, Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gajah Mada, 2014

]Afriane, CD, "Pengaruh Variasi Tekanan Pengepresan dan Ukuran Butir terhadap Kualitas Briket Bioarang Tempurung Kemiri dan Kulit Asam Jawa", Tugas Akhir, Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh, 2016.

Subroto, Himawanto DA, Sartono, "Pengaruh variasi tekanan pengepresan terhadap karakteristik mekanik dan karakteristik pembakaran briket kokas lokal", Jurnal Teknik Gelagar, vol. 18, no. 1, pp. 73-79, 2007.

Triono, A, "Karakteristik Briket Arang dari Campuran Serbuk Gergajian Kayu Afrika (Aesopsis eminii Engl) dan Sengon (Paraserianthes falcataria L. Nielsen) dengan Penambahan Tempurung Kelapa (Cocos Nucifera L)", Tugas Akhir, Departemen Hasil Hutan, Institut Pertanian Bogor, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.