STUDI BIAYA EMISI CO AKIBAT ADANYA RENCANA PENGEMBANGAN TRANSPORTASI MASSAL CEPAT (TREM) DI

Fitri Hardiyanti, Mochammad Choirul Rizal

Abstract


Salah satu program pemerintah kota Surabaya dalam rangka memperbaiki sektor transportasi adalah dengan membangun angkutan massal berupa Trem. Pesatnya perkembangan transportasi massal juga diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas udara di kota Surabaya, karena adanya efek emisi kendaraan yang berbahaya dimana salah satunya adalah CO. Disisi lain, rencana pembangunan transportrasi massal di Surabaya direncanakan menggunakan sebagian jalan sebagai jalur trem. Hal ini tentunya akan mengurangi kapasitas jalan yang akan berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan dan emisi gas CO yang dihasilkan.  Oleh karena itu, topik dalam penelitian ini adalah mengenai studi biaya emisi CO akibat adanya rencana pembangunan transportasi massal (Trem) Di Surabaya.  Lokasi penelitian ini adalah Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Urip Sumoharjo, Surabaya. Metode perhitungan jumlah CO berdasarkan kecepatan kendaraan pada kondisi existing dan pada kondisi rencananya. Berdasarkan perhitungan, jumlah emisi CO di Jalan Urip Sumohardjo pada tahun rencana pada waktu trem beroperasi lebih tinggi bila dibandingkan dengan saat trem beroperasi, yaitu meningkat sebesar 12,86%, dengan peningkatan biaya emisi gas CO sekitar Rp. 258.895.166,05 per tahun. Sedangkan jumlah emisi CO pada kondisi rencana pada waktu sebelum trem beroperasi bila dibandingkan saat trem beroperasi di Jalan Basuki Rahmat menurun sebesar 26,78% dengan penurunan biaya emisi gas CO sekitar Rp. 1.016.930.142,65 per tahun

Full Text:

PDF

References


Rizal, M.C., (2016). “Studi Rencana Traffic Demand Manajemen Akibat Pembangunan Angkutan Massal Cepat Di Surabaya”. Prosiding, Simposium Internasional, FSTPT ke 19, Oktober, Yogyakarta.

Sengkey, S.L., Jansen, F., Wallah, S. (2011). “Tingkat Pencemaran Udara CO Akibat Lalu Lintas Dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro”. Jurnal Ilmiah Media Engineering, Vol.1, No.2, Juli 2011, Hal 119-126.

Bestari, L.R., Hidayat, A., Yani, M. (2014). “Estimasi Nilai Pajak Kendaraan Solar Terkait Kerugian Pencemaran Udara (Studi Kasus: Metro Mini Di Dki Jakarta)”. Jurnal Ekonomi Pertanian, Sumberdaya dan Lingkungan, Vol 2, Oktober 2014, Hal 98-111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.