ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SOAL PISA

Whyma Fathul Muslich

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampaun pemecahan masalah siswa pada soal-soal PISA level 4, level 5, dan level 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas VIII-F SMP Muhammadiyah 10 Muncar. Dari 27 subjek penelitian dipilih 3 orang untuk diwawancarai, 1 orang yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, 1 orang yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang, dan 1 orang yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Persentase kemampuan membaca masalah (reading) sebesar 88% dengan kategori yang baik; (b) Persentase kemampuan memahami masalah (comprehension) sebesar 74% dengan kategori cukup; (c) Persentase kemampuan mentransformasikan masalah (transformation) sebesar 61,2% dengan kategori cukup; (d) Persentase kemampuan keterampilan memproses (process skill) sebesar 63,8% dengan kategori cukup; (e) Persentase kemampuan penulisan jawaban (encoding) sebesar 43,8% dengan kategori rendah.Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Soal PISA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.