AKTIVITAS DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Tuti Zahrotul Amaliyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui aktivitas serta respon mahasiswa dalam pembelajaran geometri. Penelitian ini termasuk peneltian deskriptif dengan populasi 36 mahasiswa semester 2 jurusan Pendidikan Matematika di salah satu Universitas di Malang tahun pelajaran 2018-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang mana selruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan berupa pengamatan dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang masih rendah sehingga respon yang ditunjukkan oleh mahasiswa kurang maksimal serta ada penyalahgunaan media belajar. Dari hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas belajar akan sangat mempengaruhi respon yang ditunjukkan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan benar atau tidaknya pengaplikasian media sebagai sumber belajar.Kata kunci: pembelajaran geometri, aktivitas belajar, respon mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.