ANALISIS SOAL UJIAN NASIONAL (UN) MATEMATIKA TINGKAT SMP/MTS TAHUN 2017-2019 BERDASARKAN PERSPEKTIF HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Teguh Santoso

Abstract


Ujian Nasional digunakan sebagai standarisasi dari pemerintah untuk menguji kelayakan seorang siswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan sebagai pemerataan pendidikan secara nasional. Hal ini mengacu pada kemampuan siswa Indonesia yang masih berada diperingkat bawah jika dilakukan pengukuran tingkat Internasional yaitu dalam PISA dan TIMSS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis unsur-unsur soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs tahun 2017-2019 berdasarkan perpektif HOTS dan membandingkan perkembangan jumlah soal yang memenuhi perspektif HOTS dari tahun 2017-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif jenis analisis dokumen. Teknik Pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara beberapa narasumber dalam bidang pendidikan matematika. Teknik analisis ini terdiri dari tiga komponen: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal UN yang memenuhi persepektif HOTS cakupan materi yang paling sering keluar adalah geometri. Hasil analisis menunjukkan UN pada tahun 2017 sebesar 17,5%, pada UN tahun 2018 sebesar 17,5% dan pada UN tahun 2019 sebesar (20%). Hasil tersebut menunjukkan jumlah soal HOTS pada soal UN Matematika SMP/MTs mengalami peningkatan.Kata kunci: Ujian Nasional, Higher Order Thinking Skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.