KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Ta'ifah T

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi siswa dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan yang digunakaan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 14 Langgudu. Pemilihan lokasi penelitian tersebut karena sekolah ini merupakan sekolah yang pembelajarannya telah sampai pada materi yang digunakan dalam instrumen penelitian. Selain itu, di SMP tersebut belum ada penelitian mengenai kemampuan representasi siswa sehingga keaslian hasil penelitian yang didapatkan lebih baik. Subjek penelitian yaitu 30 siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap pengembangan rencana, kemampuan representasi siswa sadar tentang keberadaannya dalam proses memecahkan masalah, pengetahuan-pengetahuan khusus tentang masalah yang dihadapi, namun kurang dalam pengetahuan tentang strategi-strategi untuk memecahkan masalah. Tahap selanjutnya, yakni tahap pelaksanaan rencana. Pada tahap ini, siswa kemampuan representasi sadar tentang pengetahuannya dalam memonitor strategi yang diperlukan, bagaimana, dan kapan menggunakannya dalam penyelesaian masalah. selanjutnya pada tahap akhir yakni tahap mengevaluasi hasil, siswa kemampuan representasi menyadari pentingnya melaksanakan tahap ini sebagai alat untuk memastikan kebenaran penyelesaian dan terlihat bahwa siswa kemampuan representasi sadar pada proses dan hasil berpikirnya, kapasitas berpikir, dan keterbatasan diri sendiri ketika menyelesaikan masalah.Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis; pemecahan masalah

Refbacks

  • There are currently no refbacks.