PROBLEMATIKA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs DI KABUPATEN MALANG

Surahman S

Abstract


Berdasarkan hasil ujian akhir diperoleh bahwa pencapaian materi matematika rendah. Hal ini disebabkan karena motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya motivasi belajar siswa dan alternatif yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa hasil wawancara dengan seorang guru matematika dan siswa kelas IX terkait masalah yang timbul akibat rendahnya hasil pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru diperoleh bahwa indikator yang menentukan adanya motivasi belajar siswa tidak ditemukan pada diri siswa. Sebagai guru, seharusnya kita memberikan pemahaman pada siswa mengenai pentingnya belajar matematika, kemudian menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan ketika pembelajaran yang sedang berlangsung, serta meminta dukungan orang tua siswa agar mereka juga memberi motivasi akan pentingnya belajar dan membangun pengetahuannya.Kata kunci: problematika, motivasi belajar, indikator, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.