KEMAMPUAN PENGAJUAN SOAL GEOMETRI LUKIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Siti Nuriyatin, Soffil Widadah

Abstract


Evaluasi hasil pembelajaran merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan seorang guru. Kompetensi dalam mengevaluasi hasil pembelajaran ini harus dimiliki oleh seorang mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pengajuan soal geometri lukis mahasiswa pendidikan matematika. Geometri lukis adalah salah satu materi yang harus dikuasai mahasiswa calon guru matematika. Materi ini akan diperlukan seorang guru matematika ketika mengajar geometri di pendidikan elementer. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru matematika STKIP PGRI SIDOARJO yang sedang menempuh mata kuliah geometri lukis. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Tes yang diberikan merupakan tes pengajuan soal geometri lukis. Pengajuan soal terdiri dari bentuk aktivitas kognitif matematika yaitu pre-solution posing, within-solution posing, dan post solution posing. Dalam penelitian ini mahasiswa diminta mengajukan soal dari situasi yang diberikan (pre-solution posing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% subjek penelitian belum dapat mengajukan soal geometri lukis beserta penyelesaiannya dengan benar. Subjek penelitian mampu mengajukan soal geometri lukis hanya sampai dimensi aplikasi.Kata Kunci: Pengajuan Soal, Geometri Lukis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.