PEMBELAJARAN HIMPUNAN BERBANTUAN AYAT ALQURAN JUZ 30 DI KELAS TAHFIDZ

Akhmad Syahwanul Karim

Abstract


Ketersediaan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik materi pembelajaran dan karakteristik siswa akan mampu menumbuhkan motivasi belajar. Termasuk dalam pemilihan sumber belajar pada siswa tahfidz yang saat ini menjadi salah-satu program unggulan di sekolah islam. Banyak sekolah islam yang menerapkan kelas tahfidz masih menggunakan sumber belajar pada umumnya dalam belajar matematika, seperti LKS atau buku-buku kurikulum 2013 yang sudah diterbitkan oleh Kemendikbud. Hal ini kurang menunjang keterkaitan antara belajar matematika dengan program hafalan Alquran siswa. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menggambarkan pembelajaran himpunan berbantuan Ayat Alquran Juz 30 pada siswa tahfidz. Secara rinci bertujuan: untuk menggambarkan pengelolaan pembelajaran himpunan di sekolah islam, pengembangan desain pembelajaran himpunan berbantuan Ayat Alquran Juz 30, implementasi pembelajaran himpunan berbantuan Ayat Alquran Juz 30. Penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan untuk melakukan tiga langkah dalam proses penelitian dan pengembangan: (1) studi pendahuluan yang terdiri dari: studi literatur, survei lapangan dan penyusunan draf model; (2) uji coba terbatas; (3) pengujian produk dan diseminasi hasil. Hasil penelitian ini (1) Pengelolaan pembelajaran yang telah dilakukan masih menggunakan pembelajaran sekolah pada umumnya, (2) Pengembangan pembelajaran himpunan berbantuan Ayat Alquran juz 30 melalui rencana pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi, (3) Pengembangan pembelajaran himpunan berbantuan Ayat Alquran juz 30 berdampak lebih efektif dan menambah pemahaman siswa terhadap adanya hubungan matematika dengan Alquran. Sehingga menambah pengetahuan agama dan proses menghafal Alquran siswa serta meningkatkan pencapaian hasil belajar. Kata kunci: Himpunan, Ayat Alquran Juz 30, Kelas Tahfidz

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.