ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Mila Karmila Sidik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru se-Kecamatan Lisabata Timur yang berjumlah empat guru dari masing-masing sekolah diantaranya SMP Negeri 5 Seram Utara Barat, SMP Negeri 6 Seram Utara Barat dan SMA Negeri 2 Seram Utara Barat. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan guru AS memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar matematika namun dilihat dari materi yang diajarkan. Terdapat manfaat yang diperoleh yaitu munculnya minat atau ketertarikan dari diri siswa. Guru MA tidak pernah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dikarenakan kondisi lingkungan sekolah yang tidak mendukung. Guru AS mengetahui bahwa lingkungan sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk mata pelajaran lain misalnya IPA, dikarenakan guru lebih banyak mengikuti pelatihan atau kegiatan di luar sekolah dan tidak sejalan dengan bidang ilmu. Guru NLA tidak mengetahui lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar matematika. Selain itu, perpustakaan, internet, buku pelajaran matematika merupakan sumber belajar utama yang digunakan selama proses pembelajaran matematika. Kata Kunci: Lingkungan, sumber belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.