DESAIN PEMBELAJARAN PMRI UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP EKSPONEN PADA SISWA KELAS X SMA

Sari Saraswati

Abstract


Eksponen merupakan salah satu materi yang penting karena banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun materi eksponen dianggap sebagai materi yang sulit. Faktanya masih banyak ditemukan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan eksponen. Hal ini disebabkan karena pemahaman konsep dasar eksponen yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi peranan desain pembelajaran PMRI dalam mendukung pemahaman siswa pada konsep eksponen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode design research. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas X SMA Trensains Tebuireng. Data dikumpulkan melalui Lembar Aktivitas Siswa (LAS), dokumentasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data dilakukan dengan mengacu pada Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) dan temuan yang diperoleh selama proses pembelajaran. Serangkaian aktivitas pembelajaran dirancang dengan diawali permasalahan yang berkaitan dengan eksponen dengan konteks pembelahan bakteri dan peluruhan zat radioaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangkaian aktivitas yang telah didesain mampu mengantarkan pemikiran siswa dari tahap informal menuju formal serta mampu mendukung pemahaman konsep eksponen pada siswa. Kata Kunci: Design Research, Eksponen, PMRI, Learning Trajectory

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.