IMPLEMENTASI PROBLEM POSING PISA LIKES UNTUK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Risdiana Chandra Dhewy, Nurina Ayuningtyas

Abstract


Problem posing merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang memberikan bekal kepada mahasiswa untuk berpikir logis, kritis, cermat kreatif, disiplin juga sebagai sarana komunikasi matematika. Pendekatan Problem Posing (PPS) pada penelitian ini menuntut mahasiswa calon guru matematika semester enam belajar untuk mengajukan soal matematika model PISA (PISA LIKES) guna mempersiapkan pembelajaran matematika dengan kurikulum yang diintegrasikan dengan literasi matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah serta untuk mengetahui respons mahasiswa terhadap pembelajaran PPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian 31 mahasiswa jurusan pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo semester 6. Dalam mengajukan soal matematika model PISA mahasiswa calon guru cenderung mengadopsi soal matematika PISA tahun 2006-2012. Mereka sudah tepat dalam mengajukan soal matematika model PISA jika ditinjau pada konten. Namun kurang realistis (kontekstual) dalam mengajukan soal. Sedangkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah PPS dengan nilai signifikan sebesar 0,011 serta respons mahasiswa menunjukkan respons positif karena semua item pertanyaan berada pada kategori baik. Kata Kunci: Problem Posing, Soal Matematika PISA Likes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.