PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI

Rachmawati R, Rina Wijayanti, Era Dewi Kartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran matematika m-learning berbasis pendidikan karakter pada siswa SMK kelas X yang layak yaitu valid, praktis dan efektif. M-learning sangat mendukung dalam pembelajaran, tingkat penggunaannya relatif mudah. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran perlu diimbangi dengan pendidikan karakter. Tujuannya, selain siswa menguasai kompetensi yang ditargetkan, siswa memiliki kesadaran.kepedulian dan membentuk perilaku sesuai nilai karakter bangsa. Matematika merupakan pelajaran adaptif di SMK. Dimana kegiatan belajar mengajar dengan alokasi waktu 2x45menit oleh siswa dirasa masih belum cukup. Oleh karena itu dengan mobile learning dapat digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Metode yang digunakan mengacu pada 4D (Define, Design, Develope dan Disseminate). Produk berupa aplikasi dalam bentuk package .apk. Pembuatan dirancang menggunakan bantuan software Android Studio IDE dan Firebase realtime database. Hasil uji kevalidan dengan penilaian 3,55 dalam kriteria valid, hasil uji kepraktisan dengan penilaian 2,72 dalam kriteria baik dan hasil uji keefektifan dengan penilaian 78 lebih besar dari nilai 65 yang merupakan nilai KKM yang ditetapkan di sekolah. Berdasarkan hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk media dinyatakan layak yaitu valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: mobile learning, pendidikan karakter, matriks, android studio

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.