KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SFAE TERMODIFIKASI

Putri Ayu Kusgiarohmah, Yus Mochamad Cholily, Rizal Dian Azmi

Abstract


Pemerintah saat ini mewajibkan penggunaan Kurikulum 2013 di sekolah. Penggunaan Kurikulum tersebut menuntut adanya model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan belajar mengajar. Guru dalam hal ini memiliki kontribusi yang tinggi dalam mendesain sistem pembelajaran di kelas. Wawasan guru mengenai model dan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran K-13. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran SFAET, dimana model ini dapat dijadikan alternatif dalam melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Model ini merupakan hasil modifikasi antara SFAE dengan penambahan umpan balik. Penambahan umpan balik mendorong siswa untuk lebih berkontribusi aktif di dalam kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dari 3 siswa yang dijadikan subjek terletak pada tiga indikator yang dijadikan acuan. Perbedaan hasil dari ketiganya terletak pada cara mendeskripsikan dan memilah informasi yang terletak dalam soal, pembuatan pemodelan matematika, serta penyelesaian soal yang sistematis. Kata Kunci: Komunikasi Matematis Tertulis, SFAE, SFAET, Umpan Balik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.