PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI SMPN 8 TARAKAN

Puspa Ristina Kusumawardani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika guru dalam pengembangan soal open-ended pada materi bangun ruang sisi lengkung di SMPN 8 Tarakan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru yang mengajar matematika kelas IX di SMPN 8 Tarakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pemberian angket terbuka dan dokumentasi berupa RPP. Setelah data dikumpulkan maka akan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan adanya problematika guru dalam pengembangan soal open-ended pada materi bangun ruang sisi lengkung di SMP. Problematika yang terjadi sebagai berikut:1) Guru matematika yang mengajar kelas IX hanya satu orang maka dari itu beban mengajar sebanyak 35 jam/ minggu sehingga guru masih kesulitan untuk fokus dalam mengembangkan soal, 2) kurangnya waktu untuk mengembangkan soal open-ended yang tepat dan sesuai dengan keadaan siswa di kelas karena dalam pengembangannya terdapat beberapa acuan, 3) siswa terbiasa dengan soal yang memiliki satu solusi karena seringnya menggunakan soal rutin, 4) siswa banyak mengalami kesulitan dalam operasi hitung perkalian dan pembagian sehingga guru memiliki tugas untuk mengulang konsep perkalian dan pembagian agar siswa tidak keliru melakukan operasi hitung sehingga hal ini mengakibatkan guru kurang yakin dalam mengembangkan soal open-ended yang memiliki beragam solusi. Kata Kunci : problematika, soal open-ended

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.