KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PERKULIAHAN TRIGONOMETRI

Retno Andriyani, Nisvu Nanda Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemamouan berpikir kritis pada perkuliahan trigonometri, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester satu tahun 2018/2019 univeritas muhammadiyah tangerang, sampel yang digunakan adalah kelas 1A2 yang berjumlah 26 orang. Intrumen yang digunakan adalah soal dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dari 26 orang sampel didapat 5 orang berkemampuan berpikir tinggi , 12 orang berkemampuan berpikir kritis sedang,dan 9 orang berkemapuan rendah. Hasil penelitian ini memberikan informasi berpikir kritis mahasiswa semester satu pedidikan matematika masih rendah. sehingga diharapkan rancangan proses kegiatan perkuliahan dan bahan ajar yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci: kemampuan, keterampilan, berpikir, kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.