SIKAP DAN KEYAKINAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA TENTANG PENGGUNAAN SEJARAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN

Intan Bigita Kusumawati, Achmad Dhany Fachrudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana sikap serta keyakinan mahasiswa calon guru matematika mengenai penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran. Analisis ini digunakan sebagai investigasi awal mengenai sikap serta keyakinan calon guru di Indonesia saat ini mengenai peran sejarah matematika dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini diawali dengan mendesain angket sikap dan keyakinan penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika dari berbagai Universitas, institut atau sekolah tinggi keguruan yang tersebar di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket sikap dan keyakinan penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menujukkan bahwa minat belajar sejarah matematika mahasiswa calon guru relatif tinggi, meskipun sebagian dari mereka belum atau bahkan tidak mendapatkan mata kuliah sejarah matematika secara formal. Secara umum, mahasiswa calon mempunyai sikap dan keyakinan yang positif terhadap penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran, meskipun skornya hanya sedikit diatas standar minimal yang telah ditetapkan. Hal tersebut kemungkinan disebabkan sebagian besar dari subyek tidak mendapatkan materi formal tentang bagaimana mengintegrasikan atau memanfaatkan sejarah matematika dalam pembelajaran. Sikap dan keyakinan positif terhadap integrasi sejarah matematika dalam pembelajaran tersebut mengimplikasikan bahwa sejarah matematika merupakan materi yang penting tidak hanya sebagai sebuah subjek materi tersendiri, namun sebagai subjek materi terintegrasi dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: sikap, keyakinan, calon guru, sejarah matematika, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.