ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU

La Sahija

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa PPG. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak enam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa PPG Jurusan Matematika dengan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, tabel kelengkapan komponen, sistematika penyusunan komponen RPP dan Pedoman Penelahaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh Mahasiswa PPG Universitas Islam Malang berdasarkan kelengkapan komponen dan sistematika penyusunan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yaitu. Mahasiswa PPG kelas VII berskor (88,00) kategori sesuai sesuai dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa PPG kelas VIII berskor (93,6) kategori sangat sesuai namun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kelas VII dan VIII penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran masih berdasarkan pada Permendikbud No. 103 Tahun 2014. Berdasarkan analisis kesesuaian KD yang tertera pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa PPG dapat disimpulkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kelas VII dan VIII sudah berdasarkan Kurikulum 2013. Hasil analisis isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan tabel Pedoman Penelahaan RPP maka diperoleh hasil analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa PPG, kelas VII (82,40%) dan kelas VIII (87,01%) kedua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berada pada kategori sesuai terhadap kurikulum 2013. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Perangkat Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.